5 Manfaat Main Basket Sejak Dini

Halo, Sahabat KKPK! Dari banyaknya jenis olahraga, apa yang menjadi favoritmu? Salah satu olahraga yang menjadi favorit banyak orang adalah olahraga basket. Olahraga ini juga sering dilombakan, mau itu di Indonesia atau negara-negara lainnya pasti ada perlombaan basket. Katanya, orang yang pinter main basket itu keren, loh.

Nggak cuma keren karena pinter main basket, kamu juga bisa dapet banyak manfaat buat kesehatan kamu. Namanya olahraga pasti menyehatkan, dan basket adalah salah satu olahraga yang menyehatkan; apalagi kalau suka main basketnya sejak dini. Ini loh manfaat main basket yang bisa kamur rasakan.

  • Melatih Tubuh

Pernah lihat orang main basket, nggak? Walaupun lapangan basket tidak sebesar lapangan sepak bola, kelihatannya basket lebih membutuhkan banyak gerak tubuh. Inti dari permainan basket adalah berlari, melompat, mendribble, dan memasukkan bola ke ring lawan. Basket cocok banget buat kamu yang pengen melatih kemampuan fisik dan juga daya tahan tubuh.

  • Melatih Kelincahan, Keseimbangan, Konsentrasi , dan Koordinasi Tubuh

Olahraga yang dimainkan beregu memang selalu membutuhkan koordinasi antara teman, selain itu juga membutuhkan koordinasi dengan anggota tubuh sendiri. Saat kamu mendribble bola, kamu harus bisa mengkoordinasikan gerakan tangan dan tatapan mata kamu; mendribble juga membutuhkan konsentrasi supaya bola tidak lepas. Kamu juga harus bisa mengatur kelincahan dan keseimbangan kamu untuk mencari kesempatan yang pas memasukkan bola ke ring lawan.

  • Meninggikan Tubuh

Sering denger nggak sih, katanya kalau suka main basket itu bisa bikin tinggi? Memang orang-orang yang suka main basket tubuhnya tinggi-tinggi. Saat kamu main basket, kamu harus banyak menggerakkan tubuh dan juga banyak melompat. Gerakan-gerakan tersebut bisa membuat tubuh kamu lebih tinggi, apalagi kalau suka main basketnya sejak dini.

  • Membangun Keterampilan Sosial

Nggak ada permainan basket yang dilakukan sendiri, basket membutuhkan regu atau tim. Dengan beregu, kamu bisa belajar bekerja sama dengan teman-teman regu kamu dan itu bagus banget buat kamu yang pengen membangun keterampilan sosial.

  • Disiplin

Namanya olahraga permainan pasti memiliki peraturan yang harus dipatuhi, termasuk basket. Selain peraturan, ada juga teknik-teknik yang harus kamu ikuti dan kuasai. Dengan hal-hal seperti itu, diri kamu akan terbiasa untuk disiplin.