Fakta-Fakta Sains yang Wajib Banget Kamu Tahu

Halo, Sahabat KKPK! Ngomong-ngomong soal sains atau ilmu pengetahuan, para ilmuwan nggak akan ada habisnya yang melakukan penelitian. Kalau ilmuwan nggak melakukan penelitian, nanti nggak ada hal-hal baru yang bisa ditemukan atau diciptakan. Eh, tapi, kamu harus tahu banget nih fakta-fakta menarik sains yang mungkin orang lain nggak paham banget soal hal-hal berikut.

  • Warna air laut

Banyak yang mengira bahwa warna biru air laut atau mungkin juga danau adalah karena merefleksikan warna biru langit. Bukannya memang air laut berwarna biru karena langit juga warna biru? Nggak juga kok. Air terlihat biru karena memang warna airnya biru dan juga merefleksikan warna langit.

  • Bumi itu bulat

Bentuk bumi belakangan ini sering jadi perdepatan oleh banyak orang. Ada yang beranggapan bahwa bumi itu bulat dan juga ada yang beranggapan bahwa bumi itu datar. Dulu, Christopher Colombus, seorang penjelajah yang menemukan benua Amerika beranggapan bahwa bumi itu bulat.

Sayangnya, dia banyak ditentang karena orang Eropa pada zaman itu beranggapan bahwa bumi itu datar. Padahal, para pelayar dan navigator lainnya tahu kalau bentuk bumi itu sebenarnya adalah bulat. Kalau menurut kamu bentuk bumi itu gimana?

  • Paru-paru dapat mengambang

Nggak semua benda bisa mengambang di air, bahkan organ tubuh sekalipun. Penelitian menemukan bahwa satu-satunya organ tubuh manusia yang bisa mengambang di air adalah paru-paru.

  • Flu?

Banyak orang beranggapan kalau flu umumnya disebabkan oleh cuaca dingin. Padahal, flu nggak ada kaitannya dengan cuaca dingin. Faktor satu-satunya penyebab flu adalah karena virus.

Kamu baru tahu fakta-fakta itu kan? Sebenarnya masih banyak fakta-fakta sains yang salah dimengerti oleh orang-orang. Contohnya aja penyebab flu. Banyak yang beranggapan kalau flu disebabkan oleh cuaca dingin, padahal bukan. Biar kamu nggak salah mengerti, kamu harus sering banyak baca buku dan cari-cari tahu informasi yang benar ya.

Leave a comment