Fakta-Fakta Menarik Tentang Tembok Terpanjang di Dunia!

Halo, Sahabat KKPK! Di bumi ini, ada tembok yang panjangnya panjang banget. Saking panjangnya, tembok tersebut dinobatkan sebagai tembok terpanjang yang pernah ada. Tembok terpanjang ini adalah The Great Wall of China atau yang kini dikenala sebagai Tembok Besar Tingkok. Tembok tersebut terletak di wilayah Republik Rakyat Tiongkok.

Di balik megahnya Tembok Besar Tiongkok, ada fakta-fakta yang harus banget kamu ketahui. Ini fakta-faktanya!

  • Keajaiban Dunia
pinterest.com

Kemegahan Tembok Besar Tiongkok memang nggak bisa diragukan lagi. Tembok yang dibangun pada masa kekaisaran dinasti Ming ini panjangnnya 8.851, 8 km. Sebenarnya, panjang resmi tembok ini adalah 21.196,18 km dan tingginya 5-8 m. Karena kemegahannya, pada 1987 UNESCO mencatat tembok dalam Daftar Warisan Dunia dan juga sebagai salah satu keajaiban dunia abad pertengahan.

  • Berusia Ribuan Tahun
pinterest.com

Ngomong-ngomong soal usia, Tembok Besar Tiongkok sudah berdiri kurang lebih dari 2.300 tahun yang lalu. Tembok ini berdiri semenjak dinasti Zhou dinasti Qin, dinasti Han, dinasti Ming, dinasti Qing, dan sampai saat ini masih tetap berdiri.

  • Alasan Dibangunnya
pinterest.com

Tembok Besar Tiongkok dibangun sebagai bentuk pertahanan dinasti-dinasti Tiongkok zaman dulu buat bertahan dari serangan musuh. Selain itu juga untuk melindungi perdangan Jalur Sutra.

  • Makam Terpanjang di Dunia
pinterest.com

Selain mendapat julukan sebagai tembok terpanjang di dunia, Tembok Besar Tiongkok juga dijuluki sebagai makam terpanjang di dunia. Kenapa bisa? Pembangunan tembok ini melibatkan banyak orang, sekitar 10 juta orang dan banyak di antaranya yang disuruh secara paksa. Selama pembangunannya, ada sekitar 3 juta orang yang meninggal. Mangkannya disebut sebagai makam terpanjang.

Gimana, sekarang udah tahu kan fakta-fakta menarik Tembok Besar Tiongkok? Tembok ini pasti ada di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atau Sejarah yang diajarkan di sekolah.