Apakah Hobi Selfie Berbahaya?

Halo, Sahabat KKPK! Menurut kamu, apakah hobi selfie itu berbahaya? Iya, selfie, memfoto diri sendiri yang biasanya dilakukan menggunakan kamera depan smartphone. Banyak, loh, orang yang mempunyai hobi selfie dan lalu posting di media sosial; contohnya, Instagram. Tapi, apakah memiliki hobi selfie adalah perilaku yang normal?

Gimana ya kalau ternyata selfie lebih banyak berdampak buruk untuk diri kita? Kita simak dulu yuk pendapat orang mengenai selfie.

Menurut doktersehat.com, ada 4 bahaya psikologi yang disebabkan dari hobi ber-selife. Ini nih 4 bahaya psikologi dari suka ber-selfie.

  • Gangguan penyakit mental

Siapa sangka kalau keseringan ber-selfie bisa menimbulkan penyakit mental, tapi kenyatannya memang begitu. Orang yang suka ber-selfie pasti akan terobsesi dengan penampilannya sendiri dan dia tidak ingin ada hal yang kurang pada dirinya. Nah, ini sebabnya nggak sedikit orang yang suka terus-terusan ber-selfie sampai mereka mendapatkan hasil foto yang sempurna.

  • Krisis kepercayaan diri

Kebanyakan ber-selfie bisa membuat kamu terus merasa kurang. Maksud kurang disini adalah kamu merasa tidak percaya diri dengan penampilan kamu dan menganggap penampilan kamu selalu memiliki kekurangan. Nggak boleh gitu, ya. Jangan lupa bersyukur atas apa yang telah diberi tuhan!

  • Narsis

Bahaya paling utama dari kebanyakan berselfie adalah bisa membentuk kepribadian narsis. Tahu nggak narsis itu apa? Sederhananya, narsis atau narsistik adalah gangguan kepribadian merasa diri sangat penting dan intinya semua harus tentang kamu. Padahal orang yang memiliki kepribadian narsis itu sangat rapuh.

  • Kecanduan

Coba kamu perhatikan orang-orang yang suka selife. Ya, memang dimana-mana setidaknya mereka ber-selfie. Mereka kecanduan untuk memfoto dirinya sendiri. Selain itu, mereka juga pasti kecanduan bermain sosial media karena menunggu foto selfie-nya banyak disukai orang.

Serem kan bahaya dari selfie?

Tapi, ngomong-ngomong soal selfie, kamu bisa menjadikan hobi ber-selfie Maia dalam komik KKPK berjudul Cekrek-Cekrek Upload sebagai pelajaran. Maia adalah orang yang suka banget selfie. Dimana pun itu, apalagi saat melihat tempat bagus untuk berfoto, pasti Maia akan ber-selfie. Karena keseringan ber-selfie, Maia membuat banyak orang bingung. Semua orang di bus rombongannya bingung mencari Maia yang belum tiba di bus.

Ada apa dengan Maia, apa sesuatu terjadi padanya karena dia terlalu banyak ber-selfie?

Dari pada penasaran, mending kamu cek aja komik Cekrek-cekrek Upload. Kamu bisa dapetin komiknya di Mizan Store.

Leave a comment