Kimono: Pakaian Tradisional Jepang

Kalau Indonesia terkenal dengan pakaian, Jepang memiliki kimono. Kimono juga mempunyai popularitas yang besar. Arti dari kata kimono sendiri adalah “benda untuk dipakai”. Pakaian berbentuk huruf T ini dibuat dari sutra dan dilengkapi dengan aksesoris-aksesoris khusus. Memakai kimono bukan hal yang mudah, loh; harus punya keterampilan karena memakainya bisa dibilang cukup rumit.

Saat ini, kimono digunakan dalam acara-acara tertentu seperti festival, pemakaman, pernikahan, dan acara-acara khusus lainnya.

Mungkin, kamu mengira semua kimono itu sama, karena bentuknya juga terlihat serupa. Ternyata, kimono terdiri dari berbagai jenis. Mau tau nggak jenis-jenisnya? Simak, ya!

  • Furisode
pinterest.com

Orang Jepang yang belum menikah menggunakan kimono bernama Furisode. Kimono ini memiliki ciri khas lengan yang lanjang.

  • Komon
pinterest.com

Kalau kimono yang satu ini bisa digunakan oleh wanita yang sudah atau belum menikah. Kimono ini tidak memiliki ciri khas tertentu karena polanya mencakup seluruh kimono.

  • Tomesode
pinterest.com

Kimono yang satu ini khusus dipakai untuk wanita yang sudah menikah dan sebagai kimono yang paling formal. Tomesode terdiri dari dua jenis yang jenisnya dibedakan beradasarkan warna; kurotomesode adalah tomesode berwarna hitam dan irotomesode adalah tomesode berwarna selain hitam.

  • Susohiki/Hikizuri
pinterest.com

Susohiki atau Hikizuri adalah kimono yang digunakan oleh para penari tradisional Jepang. Ciri khasnya adalah bentuknya yang panjang sampai menjuntai ke lantai.

  • Iromuji
pinterest.com

Iromuji adalah kimono polos satu warna yang bisa digunakan wanita yang sudah atau belum menikah.

  • Mofuku
pinterest.com

Mofuku adalah kimono hitam berbahan sutra yang digunakan saat berkabung. Warna hitam dipilih sebagai bentuk rasa duka yang mendalam. Mofuku bisa digunakan oleh wanita ataupun pria.

  • Uchikake
pinterest.com

Uchikake adalah kimono yang digunakan oleh pengantin atau juga bisa untuk kebutuhan panggung. Ciri khas Uchikake berada pada warna. Biasanya berwarna putih keseluruhan atau warna-warni dengan merah sebagai bahan dasranya.

Leave a comment