Ada Apa Dengan Hoax?

Halo, Sahabat KKPK! Belakangan ini kamu pasti pernah mendengar kata “Hoax”, kan? Hoax adalah berita bohong atau berita palsu, maksudnya informasi yang disampaikan itu tidak benar dan nggak sesuai sama yang sebenarnya. Belakangan ini, banyak orang tidak bertanggung jawab yang suka menyebarkan hoax di internet. Sebenarnya, hoax bukan cuma ada di internet aja loh, tapi udah ada dari dulu. Contohnya omongan dari mulut ke mulut atau di koran.

Kamu harus waspada sama berita-berita hoax karena berita hoax banyak macamnya. Kamu nggak mau kan ketipu sama berita-berita hoax karena kamu nggak tau berita hoax itu seperti apa? Berikut adalah jenis-jenis hoax:

  • Hoax proper

Tadi kan udah tahu kalau hoax itu berita bohong. Hoax itu dibuat secara sengaja untuk menipu orang atau untuk keuntungan orang yang bikin hoax. Jadi, orang yang membuat hoax itu sadar kalau dirinya memang menyebarkan berita palsu yang tujuannya memang buat menipu orang.

  • Judul berbeda dengan isi berita

Kalau belakangan ini kamu sering baca berita di internet pasti kammu gak asing sama berita-berita yang judulnya lebay. Orang yang membuat hoax memang suka membuat judul yang lebay dan heboh biar orang-orang tertarik. Parahnya lagi, banyak orang-orang yang cuma baca judul beritanya aja tanpa baca isi beritanya—kalau gitu, hoax akan lebih mudah tersebar.

  • Berita benar yang menyesatkan

Hoax juga bisa dalam bentuk berita benar, loh. Maksudnya, beritanya memang sesuai fakta dan benar-benar terjadi, tapi… menyesatkan. Kenapa menyesatkan? Orang yang membuat hoax biasanya menyebarkan berita lama yang sudah terjadi, tapi judulnya diubah. Kalau orang yang sukanya baca judul tanpa baca isi beritanya, pasti akan kena hoax macam ini.

Hoax memang sangat berbahaya dan bisa merugikan banyak orang. Kamu juga harus waspada terhadap berita yang kamu baca atau informasi yang kamu terima; jangan sampai kamu termakan hoax dan yang jelas jangan sampai kamu juga ikut-ikutan nyebarin hoax. Sahabat KKPK kan anak baik dan cerdas!