Sejarah Hari Musik Nasional

Halo, Sahabat KKPK! Tau nggak ada apa di bulan Maret? Tepatnya tanggal 9 Maret, di Indonesia di tetapkan sebagai Hari Musik Nasional, loh. Hari peringatan musik ini punya sejarah yang menarik dan kamu perlu tau sejarahnya. Ada banyak fakta menarik dari ditetapkannya Hari Musik Nasional di Indonesia.

Tanggal 9 Maret dipilih sebagai Hari Musik Nasional karena bertepatan dengan tanggal lahir seorang komponis besar Indonesia, yaitu Wage Rudolf Supratman atau sering dikenal sebagai WR Supratman. Beliau lahir pada 9 Maret 1903 di Purworejo, Jawa Tengah. Kamu pasti udah sering banget denger nama beliau, kan? Setiap upacara bendera kamu selalu menyanyikan lagu karya beliau.

Karya sekaligus pencapaian terbesar beliau adalah lagu nasional Indonesia, yaitu Indonesia Raya. Lagu tersebut diciptakan pada tahun 1924, saat beliau masih berumur 21 tahun.

Tujuan dari diperingatinya Hari Musik Nasional adalah sebagai bentuk apresiasi masyarakat terhadap karya-karya musik nasional serta musisi. Dengan tujuan itu, pada Hari Musik Nasional selalu ada penghargaan bagi musisi nasional, baik itu yang masih hidup atau pun sudah wafat.

Hari Musik Nasional selayaknya diperingati semaksimal mungkin sebagai bentuk apresiasi kepada para musisi nasional supaya mereka terus semangat berkarya. Musik memang menyatu dengan kehidupan, sebagai salah satu bentuk mengekspresikan perasaan. Bisa perasaan sedih, bahagia, atau perasaan lainnya.

Indonesia sendiri punya banyak hal menyangkut musik yang perlu dilestarikan, loh. Contohnya alat-alat musik tradisional yang ada di setiap daerah-daerah di Indonesia seperti angklung, gamelan, dan alat musik tradisional lainnya.

Dari masa ke masa, musik terus berkembang. Contohnya saja musik anak-anak. Era musik anak-anak yang paling terkenal adalah musik anak-anak tahun 90an. Di tahun itu, banyak penyanyi cilik yang berkarya. Lagu yang populer ada era itu di antaranya adalah Bolo-bolo karya Tina Toon, Air karya Joshua, dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi, bagaimana caramu memperingati Hari Musik Nasional? Ingat ya, dengarkanlah musik yang sesuai umurmu.