Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika

Halo, sahabat KKPK! Indonesia adalah sebuah negara yang sangat kaya sekali akan budaya. Mangkannya sampai dicetuskan kata-kata “Bhinneka Tunggal Ika”. Apa sih artinya? Kata-kata Bhinneka Tunggal Ika berasal dari Bahasa Jawa kuno yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Memang cocok banget jadi semboyan Indonesia. Indonesia punya banyak budaya, tapi tetap satu.

Bukan Cuma budaya, loh. Indonesia juga kaya akan suku bangsa, ras, daerah, bahasa, dan kepercayaan agama. Indonesia juga sampai dapat rekor dunia karena punya lebih dari 749 suku bangsa/etnis dan juga 583 bahasa serta dialek dari 67 bahasa induk yang ada.

Keren banget, kan? Kalau gitu, kamu harus tau manfaatnya punya keragaman budaya!

  • Toleransi

Banyak bagian masyarakat di Indonesia pasti punya latar belakang yang berbeda-beda. Dari situ, orang-orang bisa memunculkan rasa toleransi dan saling menghargai perbedaan latar belakang. Kan asik orang-orang jadi rukun.

  • Menambah wawasan

Mungkin, di lingkungan pertemanan kamu juga punya latar belakang yang berbeda-beda. Misal ada teman kamu yang berasal dari daerah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, atau bahkan Papua kamu jadi bisa banyak belajar dari teman-teman kamu. Kamu bisa belajar budaya dan bahasa mereka.

  • Bertukar ide

Setiap daerah pasti punya hal-hal yang berbeda dari daerah lainnya yang biasanya menjadi ciri khas. Kamu dan lingkaran pertamanmu bisa saling bertukar ide buat menghasilkan sesuatu yang baru. Misal kamu suka seni, kamu bisa coba kolaborasi sama teman kamu.

  • Menumbuhkan rasa nasionalisme

Keragaman budaya adalah hal yang harus dijaga kelestariannya. Kamu juga pasti ingin menjaga budaya kamu sendiri, bukan? Dari sadarnya ingin menjaga keragaman budaya, rasa nasionalisme atau rasa cinta tanah air akan tumbuh dalam diri kamu.

Indonesia sering menjadi sorotan dunia karena keragaman budayanya. Kamu, sebagai anak bangsa, harus bangga terhadap budaya sendiri dan ikut berusaha melestarikan keragaman budaya yang dimiliki Indonesia.