Editor’s Choice: Mama Sayang Abyan

Halo sahabat KKPK! Udah tau buku KKPK yang judulnya Mama Sayang Abyan, belum? Buku ini keren loh. Bercerita tentang Abyan, anak kelas 1 SD, yang selalu malas dan nggak mau berangkat sekolah. Ternyata, Abyan nggak mau berangkat sekolah bukan karena alasan. Mama Abyan lihat hasil pemeriksaan psikolog Abyan. Ternyata, selama ini Abyan menderita diskalkulia.

Apa sih diskalkulia?

Diskalkulia adalah gangguan kemampuan berhitung, terutama untuk mata pelajaran matematika. Sederhananya, orang yang menderita diskalkulia itu kesusahan saat berhitung proses matematis. Penyebab dari diskalkulia sendiri bisa karena adanya gangguan pada otak dan pengelihatan atau visual.

Biasanya, diskalkulia ini memang mulai terlihat dari masa kanak-kanak. Anak yang menderita diskalkulia harus menjalani terapi dan dilatih terus kemampuan berhitung mamtematisnya. Ini ciri-ciri dari penderita diskalkulia:

  • Tidak memahami proses sitematis, ditandai dengan susahnya mengerjakan perhitungan yang melibatkan angka dan simbol.
  • Susah memahami konsep waktu, ditandai dengan susahnya mengurutkan masa sekarang dan lampau.
  • Kurang dalam pehaman nilai tempat, satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya.
  • Kesusahan dalam permainan olahraga karena bingung dengan sistem skor.
  • Susah memahami penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
  • Susah melakukan perhitungan matematis seperti saat belanja menggunakan uang.
  • Selain perhitungan sistematis, penderita diskalkulia juga kesusahan memahami not angka.

Pantes aja Abyan nggak mau masuk sekolah dan jadi males. Mungkin itu karena dia memang bener-bener menderita diskalkulia. Mau tau kelanjutan cerita Abyan, gak? Kamu baca aja deh bukunya, Mama Sayang Abyan.

Kamu bisa dapetin bukunya di toko buku terdekat atau kamu juga bisa dapetin di Mizan Store.

Leave a comment