5 Museum di Indonesia Rekomendasi Rumah KKPK!

Halo, sahabat KKPK! Pernah denger istilah “Jasmerah”, gak? Jasmerah adalah singkatan dari Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah. Orang yang pertama kali mengucapkan istilah itu adalah Soekarno, tepat saat pidato terakhirnya pada Hari Ulang Tahun Rapublik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966. Ngomong-ngomong soal sejarah, ada bangunan yang dikhususkan untuk mengabadikan sejarah loh; bangunan tersebut bernama museum. Museum di Indonesia sendiri banyak jumlahnya.

Museum tidak hanya terdiri dari satu jenis, ini karena banyak hal-hal yang diabadikan. Biar memudahkan pembagiannya, museum dibagi menjadi enam jenis. Ada museum arkeologi, seni, biografi, anak, sejarah, dan militer.

Kamu udah pernah masuk ke museum, gak? Rumah KKPK punya rekomendasi museum yang wajib kamu kunjungi, nih!

Museum di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

  • Museum Nasional

Museum pertama yang wajib kamu kunjungi sudah jelas museum yang satu ini, Museum Nasional. Museum ini telah berdiri sejak tahun 1778, menjadikannya museum tertua yang ada di Indonesia dan museum ini memiliki koleksi benda-benda sejarah paling lengkap jika dibandingkan dengan museum lainnya yang ada di Indonesia. Kamu bisa melihat benda-benda pra-sejarah sampai hal-hal yang bersangkutan dengan sejarah Indonesia.

Alamat Museum Nasional:

Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10110

  • Museum Geologi

Dinosaurus! Mungkin itu satu kata yang akan kamu pikirkan saat mendengar kata geologi. Museum Geologi yang berada di Bandung ini menampilkan banyak koleksi fosil binatang-binatang purba dan benda-benda geologi sejarah Indonesia lainnya. Di museum ini beneran ada fosil dinosaurus, yaitu tyrannosaurus rex dan fosil binatang lainnya.

Alamat Museum Geologi:

Jl. Diponegoro No. 57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122

  • Museum Affandi

Mungkin beberapa dari kamu tau nama Affandi. Beliau adalah seniman besar Indonesia yang karya-karyanya banyak dituangkan dalam lukisan. Museum yang terletak di Yogyakarta ini cocok banget buat kamu yang suka banget sama seni. Museum ini menampilkan karya-karya Affandi dan juga barang-barang peninggalannya.

Alamat Museum Affandi:

Jl. Laksda Adisucipto No. 167, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

  • Museum Benteng Vredeburg

Di dalam pelajaran sejarah yang diajarkan di sekolah-sekolah, pasti kamu ngomongin tentang zaman penjajahan kan? Zaman penjajahan di Indonesia meninggalkan beberapa bangunan yang masih ada sampai sekarang, loh. Salah satunya adalah Benteng Vredeburg yang saat ini dijadikan sebagai museum. Museum ini menampilkan diorama sejarah Indonesia.

Alamat Museum Benteng Vredeburg:

Jl. Margo Mulyo / Jl. A. Yani No 6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Lima museum di Indonesia itu bisa jadi pilihan buat kamu yang pengen main ke museum. Sebenarnya masih banyak loh museum lainnya yang ada di Indonesia. Masih ada Mueum Konferensi Asia Afrika, Museum Pendidikan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, Museum Komik, Museum Ullen Sentalu, dan museum-museum lainnya. Coba deh sekali-kali kamu main-main ke museum. Nanti kamu bakal tau arti pentingnya Jasmerah!

Ngomong-ngomong soal museum, Rumah KKPK mau ngasih rekomendasi komik seru yang nyeritain tentang museum, judul komiknya Hantu di Museum Tua. Wah, emang di museum ada hantunya, ya?! Coba deh baca komiknya dulu, kamu bisa dapetin komiknya di Mizan Store Mizan Store.

Leave a comment