Tips Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi

Halo sahabat KKPK! Saat terjadi bencana alam, kamu harus tau bagaimana cara bertindak yang tepat untuk menyelamatkan diri. Salah satu bencana alam yang patut kamu waspadai adalah gempa gumi. Gempa bumi dapat memberi dampak kerusakan yang besar tergantung dari seberapa besar kekuatan gempa tersebut. Saat terjadi gempa bumi, kamu harus tau bagaimana cara menyelamatkan diri dari gempa bumi.

Sebagai bekal awal, kamu harus benar-benar mengenali lingkungan kamu supaya kamu tau tindakan apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi. Kunci utama saat terjadi bencana alam seperti gempa bumi atau bencana alam lainnya adalah jangan panik. Kebetulan, Rumah KKPK mau ngasih kamu tips-tips menyelamtkan diri saat terjadi gempa bumi.

Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi Saat Berada di Dalam Ruangan

  • Cari tempat berlindung

Saat terjadi gempa bumi dan kamu sedang berada di dalam ruangan, kamu harus segera mencari tempat untuk berlindung seperti di bawah meja atau perabot kokoh lainnya. Lakukan gerakan berlutut, berlindung, dan berpegangan supaya tubuh kamu aman. Jangan berlindung di dekat jendela, pintu, dinding, dan benda-benda yang rawan jatuh.

  • Tetap berada di dalam ruangan sampai guncangan berhenti

Ingat, jangan panik! Saat berada di dalam ruangan, lebih baik kamu berlindung di bawah perabotan yang kokok dari pada berlarian keluar bangunan. Saat guncangan berhenti, baru kamu boleh keluar dari bangunan dan mencari area terbuka seperti lapangan.

Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi Saat Berada di Luar Ruangan

  • Jangan berlari ke dalam bangunan

Saat terjadi gempa dan kamu berada di luar ruangan, jangan sesekali berlari masuk kebangunan. Kamu harus tetap berada di luar ruangan dan jauhi bangunan, tiang listrik, tiang lampu, atau pohon. Berlindunglah di area terbuka sampai gempa benar-benar berhenti.

  • Jauhi pantai

Saat terjadi gempa dan kebetulan kamu berada di pinggir pantai, segeralah cari dataran yang lebih tinggi atau tempat yang aman jika terjadi obak pasang. Gempa bumi membuka kemungkinan terjadinya tsunami.

Baca juga:

Ini 5 Gempa Terdahsyat di Dunia, Nomor 5 Paling Dahsyat!

Gempa bumi memang bencana alam yang sangat mengerikan. Maka dari itu kamu harus tau langkah-langkah yang tepat untuk menyelamatkan diri. Jika kamu ingin tau bagaimana simulasi menyelamatkan diri dari gempa bumi, kamu bisa baca komik KKPK yang berjudul “Camera, Rolling, Action!”. Kamu bisa dapetin komiknya di Mizan Store.

Leave a comment