Ini 5 Gempa Terdahsyat di Dunia, Nomor 5 Paling Dahsyat!

Halo sahabat KKPK, tau nggak kalau gempa merupakan salah satu bencana alam yang dampaknya sangat besar? Bayangin aja, gempa bisa merusak bangunan atau bahkan meratakannya dengan tanah. Itu salah satu dampak langsung yang dirasakan. Saking dahsyatnya, gempa bumi juga bisa menyebabkan bencana-bancana alam yang lain ikut terjadi seperti longsor dan tsunami.

  • Russia 1952

Salah satu gempa terbesar yang pernah dicatat oleh sejarah terjadi di tahun 1952, tepatnya pada tanggal 4 November. Gempa ini dikenal dengan gempa Kamchatka, berkekuatan 9,0 skala Richter (SR). Parahnya, gempa ini juga memicu terjadinya gelombang tsunami yang tingginya sekitar 15,24.  Bencana ini menelan korban jiwa yang banyak, yaitu sekitar 10.000 sampai 15.000 korban jiwa.

  • Alaska 1964

Di tahun 1964 juga tercatat gempa yang lebih dahsyat, dengan kekuatan 9,2 SR. Gempa ini terjadi di Alaska, Amerika dengan durasi selama 4,5 menit dan memicu gelombang tsunami setinggi 67 meter. Coba bayangkan, gempa yang terjadi beberapa detik aja udah bisa buat kamu panik banget. Apa lagi selama 4,5 menit? Tidak heran kalau gempa yang satu ini tercatat sebagai gempa terdahsyat kedua setelah tahun 1960.

  • Jepang 2011

Salah satu negara yang sering di landa gempa bumi adalah Jepang. Gempa-gempa yang terjadi juga sering memicu tsunami. Bahkan, kata tsunami sendiri berasal dari Bahasa Jepang yang artinya gelombang pasang. Salah satu gempa terdahsyat dengan kekuatan 9,0 SR pernah melanda Jepang pada 2011. Gempa tersebut juga memicu tsunami. Sekitar 29,000 jiwa menjadi korban dalam bencana itu.

  • Indonesia 2004

Di tahun 2004, Indonesia sangat berduka karena gempa dahsyat berkekuatan 9,3 SR. Gempa ini meluluhlantakkan Aceh dan disusul gelombang tsunami setinggi 30 meter yang menyapu Aceh. Bencana ini menelan sekitar 165.000 korban jiwa. Bencana ini tercatat sebagai gempa terbesar ketiga setelah gempa yang terjadi di Alaska pada 1964.

  • Chili 1960

Gempa terdahsyat di abad ke-20 yang menempati urutan pertama adalah gempa Chili pada 1960. Gempa ini bekekuatan 9,5 SR. Gempa terdahsyat ini juga memicu tsunami setinggi. Akibatnya, sekitar 1.600 menjadi korban jiwa dan lebih dari dua juta orang kehilangan tempat tinggalnya.

Baca juga:

Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan

Melihat bencana gempa yang pernah terjadi, kamu harus selalu waspada dan berantisipasi jika tiba-tiba terjadi gempa. Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan sebagai antisipasi adalah membekali diri kamu dengan ilmu pengetahuan tentang apa yang harus kamu lakukan jika terjadi gempa. Kalau kamu ingin mengetahui bagaimana caranya, mending kamu baca Camera Roll Action, deh! Pasti nanti kamu tau apa-apa saja yang harus dilakukan. Kamu bisa dapetin komiknya di Mizan Store.