Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan

Halo sahabat KKPK! Salah satu bencana alam yang mengakibatkan dampak kerusakan besar adalah gempa bumi. Gemapa bumi sendiri dari dua jenis, ada gempa bumi tektonik dan vulkanik. Gempa bumi tektonik adalah gempa yang disebabkan pergeseran lempeng bumi, sedangkan gempa vulkanik adalah gempa yang disebabkan oleh aktivitas gunung berapi. Dampak gempa bumi terhadap lingkungan bisa ringan sampai dengan parah tergantung kekuatan gempa yang terjadi.

Belakangan ini, negeri kita sedang banyak-banyaknya di landa gempa bumi. Seperti yang terjadi di Palu dan di Banten. Dua gempa tersebut adalah contoh kedua jenis gempa. Kalau gempa palu disebabkan oleh gempa tektonik, sedangkan di Balu disebabkan oleh aktivitas gunung Anak Krakatau. Sebahaya apa sih gempa bumi itu? Yuk, simak apa saja dampak dari gempa bumi.

Macam-macam Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan

Dampak gempa bumi itu luas loh, sahabat KKPK. Bahkan gempa bumi tidak hanya mengguncang bumi, tapi dampaknya bisa memicu bencana alam lainnya. Ingat ya, kamu harus tetap waspada setiap saat.

  • Kerusakan bangunan

Dampak paling jelas dari terjadinya gempa bumi adalah kerusakan bangunan. Semakin besar gempa buminya, semakin besar juga dampaknya. Bahkan rumah bisa runtuh. Saat terjadi gempa dan kamu sedang berada di dalam ruangan, sebaiknya kamu harus tau cara menyelamatkan diri jika terjadi gempa.

  • Kerusakan infrastruktur

Selain merusak bangunan, gempa bumi juga mampu merusak infrastruktur. Gempa bumi dengan kekuatan besar bisa menyebabkan tian-tiang listrik bisa roboh dan kabelnya yang terputus bisa menyetrum dan menimbulkan percikan api, jalanan juga bisa retak terbelah, jalur gas dan pipa air juga mungkin terkena dampaknya.

  • Tanah longsor

Getaran dari gempa bumi juga memungkinkan untuk menyebabkan longsor, terlebih untuk orang-orang yang tinggal di daerah dekat tebing atau pegunungan. Guncangan gempa bumi sangat mungkin untuk meruntuhkan struktur tanah dan terjadilah tanah longsor.

  • Tsunami

Salah satu bencana paling mengerikan yang bisa dipicu oleh gempa gumi adalah tsunami. Saking mengerikannya, tsunami mampu untuk menyapu daratan. Tsunami umumnya terjadi di daerah tepi pantai. Tsunami juga terjadi di Palu dan Banten kemarin yang mana dampaknya juga besar. Tsunami terbesar yang pernah melanda Indonesia terjadi pada tahun 2004 di Aceh.

  • Pencairan tanah (likuifaksi)

Dampak mengerikan yang juga terjadi karena gempa bumi adalah penaciran tanah. Tanah bisa kehilangan kekuatannya dan menjadi cair. Saat tanah menjadi cair, maka apa saja yang ada di atasnya akan tenggelam.

Baca juga:

Tips Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi

Itulah dampak gempa bumi terhadap lingkungan. Dampaknya memang sangat besar. Walaupun gempa bumi yang terjadi hanya berkekuatan kecil, kamu harus tetap waspada. Kalau kamu mau tau bagaimana cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa, kamu bisa baca komik KKPK berjudul “Camera, Rolling, Action!”. Kamu bisa dapetin komiknya di Mizan Store.