Keterampilan yang Harus Dimiliki Reporter Cilik!

Halo sahabat KKPK! Saat kamu menyampaikan informasi, cara kamu menyampaikan harus baik dan benar. Apalagi buat kamu yang ingin jadi reporter cilik. Kamu harus belajar beberapa keterampilan yang berguna untuk kamu menyampaikan informasi secara lebih baik lagi. Keterampilan yang harus dimiliki reporter cilik nggak susah kok buat dipelajari—yang penting niat!

Jangan jadikan keharusan memiliki keterampilan sebagai penghambat kamu jadi reporter cilik. Jadikan ini sebagai semangat kamu untuk menjadi yang lebih baik lagi. Kamu gak harus menguasai betul-betul keterampilan ini sebelum jadi reporter cilik kok. Keterampilan ini bisa kamu pelajari seiring dengan kamu jadi reporter cilik.

Jangan lupa baca 6 Langkah Menjadi Reporter Cilik!

4 Keterampilan yang Harus Dimiliki Reporter Cilik

  • Public Speaking
keterampilan yang harus dimiliki reporter cilik

Sebagai seorang reporter, kamu harus mempunyai keterampilan public speaking atau berbicara di depan umum yang baik. Kamu harus bisa menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan banyak orang. Cara belajar keterampilan ini gampang kok, kamu bisa belajar bicara sama diri kamu sendiri di depan cermin.

  • Memotret
keterampilan yang harus dimiliki reporter cilik 1

Zaman sekarang semua orang pasti sudah familiar sama gadget, kan? Apalagi buat kalian para millenials. Mengoprasikan gadget udah rasanya gampang banget. Sebagai reporter, kamu juga harus bisa memotret. Kamu bisa belajar menggunakan kamera hp atau kalo ada kamera lainnya. Inget ya, jangan asal memotret, tapi perhatikan objeknya terlebih dahulu sehingga hasilanya bagus.

  • Merekam
keterampilan yang harus dimiliki reporter cilik 2

Keterampilan ini tidak jauh berbeda dengan keterampilan memotret. Merekam pun kamu tidak boleh asal merekam. Perhatikan cara kamu merekam. Jika kamu merekam menggunakan ponsel, pastikan kamu merekam dalam posisi landscape dan jangan portrait.

  • Menulis
keterampilan yang harus dimiliki reporter cilik 3

Berita yang kamu dapat dari narasumber harus kamu jadikan dalam bentuk berita tertulis. Kamu bisa menjadikan rekaman yang kamu buat sebagai sumber acuannya. Saat menulis berita, perhatikan cara kamu menulis. Guanakan bahasa yang baik dan benar. Jika kamu menggunakan Bahasa Indonesia, pastikan menggunakan bahasa baku.

Empat keterampilan adalah keterampilan yang harus dimiliki reporter cilik. Nggak susah-susah banget, kan? Inget, yang penting niat. Kalo kamu gak bisa belajar sendiri, jangan ragu untuk minta bantuan ke orang lain, ya.

Atau,

Kalau kamu mau tau gimana sih rasanya jadi reporter cilik… kamu bisa baca komik KKPK yang berjudul Reporter Cilik. Komik ini ditulis oleh Wanda Amyra Mayshra. Ada seri Deluxe Edition, loh. Kamu bisa dapet dua cerita sekaligus, yaitu Reporter Cilik dan My First Make Up.

Kamu bisa dapetin komiknya di Mizan Store.

Leave a comment