DIY: Cara Membuat Squishy Slow

Halo sahabat KKPK! Belakangan ini lagi booming-boomingnya mainan lucu beraneka bentuk. Namanya squishy, mainan yang bisa diremas-remas atau dijadikan gantungan. Mainan ini banyak digemari karena bisa menghilangkan stress atau karena bentuk-bentuknya yang lucu dan orang-orang banyak yang gemar menjadikannya koleksi. Salah satu squishy yang terkenal adalah squishy slow. Kali ini, Rumah KKPK mau ngasih tau cara membuat squishy slow, loh!

Squishy memang banyak tersedia di toko-toko mainan. Kalau kamu ingin menghemat uang sakumu, kamu bisa kok buat squishy sendiri. Caranya juga gampang. Kamu cuma perlu beberapa bahan dan peralatan. Lumayan kan, uang sakunya bisa ditabung.

Peralatan dan bahan yang perlu di siapkan:

  • Gunting
  • Busa/spon biasa
  • Sabung bayi
  • Air hangat
  • Plastik

Squishy punya banyak manfaat loh, yuk baca Suka Main Squishy? Ini Manfaat bermain Squishy!

Cara Membuat Squishy Slow

Supaya proses membuat squishy ini berjalan dengan mudah, kamu harus membuatnya saat siang/pagi hari karena proses pembuatannya membutuhkan panas matahari.

  1. Pertama-tama, kamu harus menyiapkan spon biasa, gunting, sabun bayi, dan mangkuk besar.
  2. Bentuk spon tersebut dengan gunting. Kamu bisa membuat bentuk sesuai apa yang kamu inginkan. Misal kamu ingin membuat bentuk donat, bentuk kubus, atau bentuk menarik lainnya. Ingat, jangan lupa hati-hati saat menggunting.
  3. Setelah kamu mendapatkan bentuk yang kamu inginkan, siapkan mangkuk. Isi mangkuk tersebut dengan air hangat, kamu bisa mengambil air hangat dari dispenser (kalau kamu rasa airnya terlalu panas, campur dengan air bisa sampai airnya menjadi hangat).
  4. Gosok spon tersbut dengan sabun bayi yang telah kamu siapkan.
  5. Bilas spon tersbut sampai bersih.
  6. Jemur spon yang telah dibilas di bawah sinar matahari sampai kering.
  7. Saat sudah kering, ambil plastik. Masukkan spon tersebut ke dalam plastik dan ikat yang erat. Jangan sampai ada gelembung di dalamnya.
  8. Simpan plastik berisi spon tersebut dalam freezer (kulkas) selama 24 jam.
  9. Squishymu telah jadi! Sekarang kamu bisa menghiasnya sesuka hati.

Mudah bukan? Seperti itulah cara membuat squishy slow. Kamu bisa buat squishy yang banyak. Seperti cerita di komik KKPK yang berjudul Squishy Si Pinky. Kalo kamu mau tau banyak tentang squishy, kamu bisa baca komik itu. Kamu bisa dapetin komiknya di Mizan Store.