Mulan: Kesatria Wanita dari Cina

Halo sahabat KKPK! Kalian udah pernah nonton Mulan, belom? Mulan itu film animasi dari Disney yang mana tokoh utama dari animasi itu bernama Fa Mulan. Film animasi ini pertama kali dirilis tahun 1998. Mulan ini beda loh dari kebanyakan karakter putri-putri Disney lainnya, beda karena karakter Mulan terinspirasi dari karakter asli bernama Hua Mulan yang ada pada sejarah Cina. Sayangnya, Disney tidak benar-benar menjadikan karakter Mulan dalam film animasinya sama persis dengan karakter Mulan yang sebenarnya. Satu hal yang sama dari Fa Mulan oleh Disney dan Hua Mulan pada sejarah Cina, keduanya adalah seorang kesatria wanita yang hebat.

Wah, asyik banget gak tuh? Kesatria wanita hebat.

Kesatria wanita dari Cina bernama Hua Mulan

Kan tadi udah dikasih tau nih kalau Mulan yang ada di Disney sama Mulan yang asli itu beda, apasih bedanya? Tunggu dulu, Rumah KKPK mau kasih tau kamu dulu siapa sebenarnya sosok di balik karakter Mulan yang ada di animasi Disney.

Kesatria wanita hebat itu bernama Hua Mulan. Dia adalah seorang prajurit legendaris Cina yang dideskripsikan pada sebuah puisi Cina berjudul Ballad of Mulan. Dari pada sebuah sejarah, Hua Mulan lebih tepat disebut sebagai sebuah legenda karena tidak ada bukti sejarah yang benar-benar bisa membuktikan kebenarannya.

Berdasarkan legenda, Hua Mulan hidup di Dinasti Wei Utara pada tahun 386-534 sesudah masehi. Dia diceritakan sebagai wanita cantik yang jago bela diri. Pada masa itu banyak wanita yang menyamar sebagai pria untuk menggantikan ayahnya yang sudah tua berperang. Jadi, bukan hanya Hua Mulan saja yang menyamar sebagai pria. Namun, Hua Mulan adalah yang terkenal.

Hua Mulan sendiri turun di medan perang selama 12 tahun dan telah terlibat dalam banyak pertempuran. Hebatnya, dia bisa selamat melalui banyak pertempuran tersebut dan tidak terungkap identitasnya sebagai wanita. Orang-orang taunya kalau dia benar-benar seorang pria, padahal dia adalah wanita yang menyamar untuk menggantikan ayahnya yang sudah tua berperang.

Hua Mulan berhenti berperang saat dia dipensiunkan secara terhormat.

Secara singkat, bedanya Fa Mulan dan Hua Mulan itu banyak. Salah satunya dari bagaimana mereka turun ke medan perang. Fa Mulan menggantikan ayahnya berperang dengan cara kabur dari rumah menggantikan ayahnya di medang perang dengan cara menyamar sebagai pria. Hua Mulan menggantikan ayahnya berperang karena dia menganggap bahwa ayahnya sudah tidak bisa ikut berperang dan dia meminta izin kepada kedua orangtuanya terlebih dahulu.

Itulah cerita dari seorang kesatria wanita dari Cina bernama Hua Mulan yang menjadi inspirasi karakter Disney bernama Fa Mulan. Hebat banget ya mereka ikut turun ke medan perang, padahal seorang putri dan Fa Mulan dari Disney menjadi salah satu putri-putri dalam cerita Disney.

Ngomong-ngomong, ada cerita menarik lainnya tentang putri yang turun ke medan perang juga, loh. Judulnya Putri Qely. Pasti gak kalah seru deh dari Mulan. Kamu bisa dapetin bukunya di Mizan Store.