Kegiatan Bersangkutan Dengan Alam yang Bisa Kamu Jadikan Hobi

Halo sahabat KKPK! Menurut kamu bersahabat dengan alam itu penting, gak? Penting, dong. Manusia bisa hidup kan karena alam selalu baik ke manusia. Yakali kan udah dibaikin manusia malah ngerusak alam. Jangan gitu, ya. Bersahabat dengan alam gak perlu sampe nanem beribu-ribu pohon kok, kecuali kamu mampu.

Coba Rumah KKPK mau nanya dulu, nih. Kamu kalo buang sampah masih suka sembarangan, gak?

Buang sampah sembarangan itu gak baik banget, loh. Nanti bisa banjir. Belum lagi lingkungan jadi kotor. Jadi, kalo buang sampah harus gimana? Harus pada tempatnya, yaitu tempat sampah. Tapi jangan kamu doang, ingetin juga orang lain biar gak buang sampah sembarangan.

Lebih hebat lagi kalo kamu melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bersangkutan dengan alam. Siapa tau kegiatan itu nantinya jadi hobi kamu. Nih, Rumah KKPK kasih tau kegiatan seru yang bersangkutan dengan alam:

  • Merawat hewan

Kamu bisa belajar banyak hal baik dari merawat hewan. Dari merawat hewan, kamu bisa belajar bagaimana menjadi seseorang yang bertanggung jawab, penuh kasih sayang, dan peduli. Banyak kok hewan yang bisa kamu rawat. Kamu bisa merawat kucing, kelinci, burung, dan hewan jinak lainnya.

  • Bercocok tanam

Berani kotor itu baik! Iya, kalo kotornya juga bermanfaat. Misal kotor karena berkebun. Kan berkebun harus bermain dengan tanah. Kalo kamu punya pekarangan rumah yang bisa ditanami tumbuhan, coba aja belajar berkebun. Kamu bisa coba menanam jagung atau tumbuhan lainnya. Tapi jangan lupa minta izin dulu sama ibu.

  • Daur ulang kertas

Ini bisa jadi salah satu langkah baik buat mengurangi sampah kertas, loh. Kertas-kertas bisa kamu coba daur ulang jadi kerajinan tangan. Banyak jenis kerajinan tangan yang bisa kamu buat dari kertas bekas, contohnya: gantungan kunci, patung, keranjang, hiasan/pajangan, dan masih banyak lagi lainnya.

Mau gak bersahabat dengan alam? Kalo mau coba deh kegiatan-kegiatan di atas. Siapa tau dengan hal-hal tersebut kamu bisa mengasah keterampilanmu dan juga berkarya.