Ayo Berkarya Sejak Dini dengan Menulis!

Halo sahabat KKPK! Rumah KKPK mau berbagi ilmu, nih. Tapi, mau tanya dulu, siapa di sini yang suka banget baca buku? Seorang pembaca yang baik adalah seorang penulis yang baik. Berarti, kalau kamu suka baca buku, bisa jadi kamu adalah penulis yang baik. Coba deh, kamu mulai menulis dari sekarang. Mau itu nulis cerita pendek, puisi, atau bahkan novel tulis aja.

Tapi… mungkin kamu bingung harus mulai dari mana, kan? Kebetulan, kan tadi Rumah KKPK udah bilang mau berbagi ilmu. Nah, ilmu yang mau dibagi adalah ilmu tentang kepenulisan. Yuk, baca terus sampe habis!

  • Tentukan tema

Langkah pertama nih, kamu tentuin dulu temanya. Misal nulis cerita pendek, kamu pastiin dulu mau tentang apa ceritanya; nah, itu namanya tema. Contoh, kamu mau nulis tentang seorang anak yang berbakti kepada orang tua, dunia hewan yang hewannya bisa bicara, atau yang lainnya. Kamu bisa kembangkan imajinasimu di sini.

  • Bangun karakter

Sebuah cerita tentunya harus punya karakter, kan? Kalo kamu suka gambar, gambar aja dulu karakternya di kertas kosong mau kaya apa. Meskipun nanti di ceritanya gak ada gambarnya, setidaknya kamu punya gambaran seeprti apa karakter yang kamu bangun. Biar lebih bagus, karakternya harus detail, bukan cuma nama aja. Nih, Rumah KKPK kasih contoh:

               Nama                                  : Moureta Lingkar Maharani

               Umur                                   : 10 tahun

               Hobi                                     : Membaca buku, jalan-jalan, makan

               Warna kesukaan               : Biru, putih, merah muda

               Makanan kesukaan          : Sate, soto, gudeg

Itu contoh detail karakter. Kalau kamu mau lebih detail, tulis aja apa-apa yang bersangkutan sama karakter kamu. Dari gambar dan catatan yang kamu tulis itu, kamu bisa lebih jelas masukin karakternya ke cerita yang kamu tulis. Asik kan bikin karakter?

  • Susun jalan cerita

Kalau kamu udah buat duat dua poin di atas, sekarang kamu perlu nentuin jalan ceritanya mau gimana. Dari awal sampai akhir. Misal pake contoh karakter Moureta di atas; Moureta itu duduk di sekolah dasar, dia anak yang berbakti pada orang tua dan nilai sekolahnya bagus. Tapi, suatu saat dia sakit dan harus banyak absen. Jadilah prestasi dia di sekolah turun. Sampai suatu saat, dia mengejar ketertinggalannya dengan belajar lebih giat.

Asik kan nulis cerita? Simpel kok. Coba deh kamu ikutin cara-cara di atas. Siapa tau nanti kamu bisa bikin cerita dan diterbitin jadi salah satu karya di KKPK. Hebat!