February 28, 2019 by [email protected] 0 Comments

Editor’s Choice: Misteri Kamar No. 24

Halo, Sahabat KKPK! Siapa di sini yang suka banget sama cerita-cerita misteri? Pasti kalian juga suka memecahkan misteri, kan. Seperti misteri siapa yang menghabiskan kue di kulkas rumah kamu, ha ha ha. Atau misteri lumpur yang tiba-tiba menyembur dari permukaan tanah; atau bahkan misteri tenggelamnya kapal Titanic, kapal megah pada masanya.

Memang memecahkan misteri sangat mengasyikkan, bukan?

Saat berhasil memecahkan misteri, pasti ada rasa senang dan bangga yang timbul dalam diri kamu. Sama halnya ketika kamu memecahkan soal hitung-hitungan matematika di kelas. Pasti senang, kan?

Pada dasarnya, misteri memang sesuatu yang selalu membuat manusia penasaran dan manusianya sendiri juga suka dibuat penasaran. Malah ada profesi yang khusus memecahkan misteri. Salah satunya detektif. Seorang detektif bekerja untuk memecahkan kasus pembunuhan, pencurian, atau juga kasus-kasus lainnya yang bersangkutan dengan tindak kriminal.

Kalau kamu memang suka banget sama cerita-cerita misteri, jangan sampai melewatkan salah satu buku KKPK ini, pasti kamu suka:

Misteri Kamar No. 24

Buku misteri yang bisa coba kamu baca adalah Misteri Kamar No. 24 karya Azzela Maulidya. Buku ini bercerita tentang seorang anak bernama Katia yang pindah ke sekolah asrama. Sekolah tempat Katia pindah bernama Bluestone. Di sekolah itu, Katia tinggal di sebuah kamar berisika empat orang termasuk Katia, ada: Ayase, Selena, dan Kak Prilly sebagai ketua kamar.

Ternyata, di sekolah bernama Bluestone itu ada sebuah misteri. Ada sebuah kasus pencurian yang terjadi. Katia dan teman-teman sekamarnya berusaha memecahkan misteri tersebut dan mengungkap kasus pencurian yang terjadi.

Apakah misteri tersebut dapat terpecahkan?

Biar rasa penasaran kamu hilang, mending kamu juga ikut bersama Katia menyelidiki misteri tersebut. Kamu bisa dapetin bukunya di toko buku terdekat atau di Mizan Store.

February 28, 2019 by [email protected] 0 Comments

Editor’s Choice: Misteri Lorong Rahasia

Halo, Sahabat KKPK! Kalian pasti setuju kalau sesuatu yang berbau misteri itu selalu ammapu membuat kita penasaran. Tapi, misteri itu apa sih? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ‘misteri’ adalah sesuatu yang masih belum jelas (masih menjadi teka-teki; masih belum terbuka rahasianya); contohnya misteri segitiga bermuda yang sampai sekarang belum terungkap. Pantes aja ya misteri selalu membuat penasaran.

Emangnya, semua misteri gak bisa dipecahkan apa?

Bisa, kok. Ada misteri yang bisa dipecahkan, tapi juga ada misteri yang belum atau bahkan nggak bisa dipecahkan sama manusia. Cuma Tuhan yang maha kuasa yang tau.

Misteri Lorong Rahasia

Buat kamu yang suka banget sama hal-hal berbau misteri, Rumah KKPK punya rekomendasi buku misteri buat kamu.

Buku misteri yang wajib kamu baca adalah Misteri Lorong Rahasia karya Dahayu Erinna. Buku ini bercerita tentang seorang anak bernama Beverlyn. Beverlyn merasa resah dan nggak nyaman berada di sekolahnya. Ternyata bukan cuma Beverlyn aja loh yang merasa resah dan nggak nyaman; dua sahabatnya, Bradley dan najwa, juga merasakan hal yang Beverlyn rasakan.

Mereka bertiga sering merasakan getaran aneh saat berada di sekolah, seperti bangku yang mereka duduki sering bergetar. Sampai akhirnya mereka bertiga menemukan pintu menuju lorong bawah tanah.

JRENG!! JRENG!!

Ternyata mereka menemukan hal-hal menyeramkan dan juga misterus saat berada di lorong bawah tanah itu. Apa yang mereka temukan di lorong bawah tanah itu ternyata adalah hal-hal yang tidak mereka duga.

Apa, sih, yang mereka temukan?

Dari pada penasaran, mending kamu langsung baca aja bukunya. Inget judulnya Misteri Lorong Rahasia, ditulis oleh Dahayu Erinna. Kamu bisa dapetin bukunya di toko buku terdekat atau di Mizan Store.

February 27, 2019 by [email protected] 0 Comments

Editor’s Choice: Mama Sayang Abyan

Halo sahabat KKPK! Udah tau buku KKPK yang judulnya Mama Sayang Abyan, belum? Buku ini keren loh. Bercerita tentang Abyan, anak kelas 1 SD, yang selalu malas dan nggak mau berangkat sekolah. Ternyata, Abyan nggak mau berangkat sekolah bukan karena alasan. Mama Abyan lihat hasil pemeriksaan psikolog Abyan. Ternyata, selama ini Abyan menderita diskalkulia.

Apa sih diskalkulia?

Diskalkulia adalah gangguan kemampuan berhitung, terutama untuk mata pelajaran matematika. Sederhananya, orang yang menderita diskalkulia itu kesusahan saat berhitung proses matematis. Penyebab dari diskalkulia sendiri bisa karena adanya gangguan pada otak dan pengelihatan atau visual.

Biasanya, diskalkulia ini memang mulai terlihat dari masa kanak-kanak. Anak yang menderita diskalkulia harus menjalani terapi dan dilatih terus kemampuan berhitung mamtematisnya. Ini ciri-ciri dari penderita diskalkulia:

  • Tidak memahami proses sitematis, ditandai dengan susahnya mengerjakan perhitungan yang melibatkan angka dan simbol.
  • Susah memahami konsep waktu, ditandai dengan susahnya mengurutkan masa sekarang dan lampau.
  • Kurang dalam pehaman nilai tempat, satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya.
  • Kesusahan dalam permainan olahraga karena bingung dengan sistem skor.
  • Susah memahami penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
  • Susah melakukan perhitungan matematis seperti saat belanja menggunakan uang.
  • Selain perhitungan sistematis, penderita diskalkulia juga kesusahan memahami not angka.

Pantes aja Abyan nggak mau masuk sekolah dan jadi males. Mungkin itu karena dia memang bener-bener menderita diskalkulia. Mau tau kelanjutan cerita Abyan, gak? Kamu baca aja deh bukunya, Mama Sayang Abyan.

Kamu bisa dapetin bukunya di toko buku terdekat atau kamu juga bisa dapetin di Mizan Store.

February 27, 2019 by [email protected] 0 Comments

Editor’s Choice: Lomba Model Cilik

Halo sahabat KKPK! Udah baca Lomba Model Cilik, belum? Salah satu buku KKPK yang ditulis oleh Dahayu Erinna. Buku ini bercerita tentang Giva, model cilik berprestasi. Namun, sepertinya Giva kurang menjaga pola hidup sehatnya sebagai model cilik. Bahkan dia kalah saat ikut serta dalam lomba model cilik nasional. Wah, ada apa dengan Giva?

Kalau kamu tau kelanjutannya, sepertinya kamu harus tau dulu apa sih enaknya jadi model cilik. Jadi model cilik itu enak, loh. Kalau kamu memang punya baka jadi model, kamu wajib coba dan terus kembangkan bakatmu!

  • Belajar berani tampil di depan umum

Seorang model pasti harus tampil di depan umum dan dilihat banyak orang. Kalau kamu ingin menjadi model cilik, setidaknya kamu harus ikut sekolah modelling biar kamu tau apa-apa aja yang harus dipelajari oleh seorang model.

  • Belajar berani berinteraksi dengan orang lain

Saat proses belajar jadi model, kamu akan banyak berinteraksi dengan orang. Bisa jadi itu guru model kamu, teman-teman kamu yang juga belajar model, atau orang-orang lainnya. Semakin kamu banyak berinteraksi, semakin meningkat juga keberanian kamu dalam berinteraksi dengan orang lain.

  • Belajar Bekerjasama dengan orang lain

Sebagai seorang model, kamu tidak bisa memaksakan keinginan kamu. Kamu harus bisa bekerjasama dengan orang lain. Mematuhi perintah guru dan juga saling bekerjasama dengan teman belajar kamu.

  • Belajar disiplin

Sifat utama yang harus dimiliki seorang model adalah disiplin. Tanpa sifat disiplin, kamu tidak akan bisa jadi model yang hebat. Kamu harus disiplin terhadap pola hidup kamu.

  • Belajar menghargai orang lain

Sifat lain yang harus dimiliki seorang model adalah sifat rendah hati. Kamu tidak boleh sombong dan harus selalu menghargai orang lain. Selain itu, kamu harus menghargai waktu orang lain dengan tidak membuat orang lain menunggu. Misalnya kamu telat pada saat latihan.

Asyik kan jadi model? Kamu bisa belajar banyak seperti Giva. Mungkin Giva kalah lomba gara-gara dia kurang disiplin. Mungkin.

Dari pada penasaran, mending baca langsung aja bukunya. Kamu bisa dapetin buku Lomba Model Cilik di Mizan Store.

February 27, 2019 by [email protected] 0 Comments

Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika

Halo, sahabat KKPK! Indonesia adalah sebuah negara yang sangat kaya sekali akan budaya. Mangkannya sampai dicetuskan kata-kata “Bhinneka Tunggal Ika”. Apa sih artinya? Kata-kata Bhinneka Tunggal Ika berasal dari Bahasa Jawa kuno yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Memang cocok banget jadi semboyan Indonesia. Indonesia punya banyak budaya, tapi tetap satu.

Bukan Cuma budaya, loh. Indonesia juga kaya akan suku bangsa, ras, daerah, bahasa, dan kepercayaan agama. Indonesia juga sampai dapat rekor dunia karena punya lebih dari 749 suku bangsa/etnis dan juga 583 bahasa serta dialek dari 67 bahasa induk yang ada.

Keren banget, kan? Kalau gitu, kamu harus tau manfaatnya punya keragaman budaya!

  • Toleransi

Banyak bagian masyarakat di Indonesia pasti punya latar belakang yang berbeda-beda. Dari situ, orang-orang bisa memunculkan rasa toleransi dan saling menghargai perbedaan latar belakang. Kan asik orang-orang jadi rukun.

  • Menambah wawasan

Mungkin, di lingkungan pertemanan kamu juga punya latar belakang yang berbeda-beda. Misal ada teman kamu yang berasal dari daerah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, atau bahkan Papua kamu jadi bisa banyak belajar dari teman-teman kamu. Kamu bisa belajar budaya dan bahasa mereka.

  • Bertukar ide

Setiap daerah pasti punya hal-hal yang berbeda dari daerah lainnya yang biasanya menjadi ciri khas. Kamu dan lingkaran pertamanmu bisa saling bertukar ide buat menghasilkan sesuatu yang baru. Misal kamu suka seni, kamu bisa coba kolaborasi sama teman kamu.

  • Menumbuhkan rasa nasionalisme

Keragaman budaya adalah hal yang harus dijaga kelestariannya. Kamu juga pasti ingin menjaga budaya kamu sendiri, bukan? Dari sadarnya ingin menjaga keragaman budaya, rasa nasionalisme atau rasa cinta tanah air akan tumbuh dalam diri kamu.

Indonesia sering menjadi sorotan dunia karena keragaman budayanya. Kamu, sebagai anak bangsa, harus bangga terhadap budaya sendiri dan ikut berusaha melestarikan keragaman budaya yang dimiliki Indonesia.

February 26, 2019 by [email protected] 0 Comments

Tips Beli Buku KKPK

Halo Sahabat KKPK yang selalu gemar membaca, jangan pernah malas untuk terus mengembangkan hobi membacamu, ya. Semakin hari minat membacamu harus juga semakin meningkat. Membaca itu bagus banget buat menambah wawasan dan juga mengembangkan imajinasi kamu. Jadi, jangan sampai gak suka baca, ya!

Biar minat baca kamu naik terus, kamu bisa biasain ngisi waktu luang kamu dengan selalu membaca! Mau itu baca buku, koran, atau buku KKPK yang penting baca. Kebetulan nih, biar kamu banyak bacaan dan gak bosen sama bacaan yang itu-itu aja, Rumah KKPK mau ngasih kamu tips beli buku KKPK.

  • Pilih penulis yang kamu suka

Kalau kamu penggemar buku KKPK, pasti kamu tau kan nama-nama orang yang nulis buku KKPK? Kamu pasti suka sama salah satu penulis dan terus ngikutin buku-buku barunya. Kalau emang iya, kamu bisa tuh jadiin penulis itu penulis yang kamu suka.

Meskipun gitu, nggak menutup kemungkinan buat kamu suka penulis yang lain. Kamu juga bisa coba buku yang lainnya.

  • Temanya hits

Ini penting banget, nih! Kalau temanya nggak kamu banget pasti kamu bakal kurang suka bacanya, kan. Tapi jangan khawatir, KKPK punya banyak tema yang menarik buat kamu, loh.

  • Covernya lucu

Siapa sih yang nggak suka sama cover Little Ballerina yang cantik? Atau cover Squishy Si Pinky yang lucu bangett? Pasti kamu suka kan. Mengkoleksi buku yang covernya lucu asyik, loh.

  • Harganya hemat

Siapa yang selalu nabung buat beli buku KKPK, nih? Hebat banget! Lebih baik rajin nabung dari pada boros jajan terus. Kalau kamu mau beli buku yang lebih hemat, kamu bisa beli buku KKPK Deluxe.

  • Cek rekomendasi

Udah pada follow Instagram Rumah KKPK, belum? Follow yuk @kkpkmizan! Kamu bakal tau informasi-informasi dari Rumah KKPK dan tentunya inforamasi buku baru juga pasti bakal dikasih tau di Instagra, loh.

Selain liat di Instagram, kamu juga bisa liat di website Rumah KKPK juga atau liat Editor’s Choice dan juga minta rekomendasi temen kamu.

Udah pada tau kan tips-tipsnya? Kalau kamu mau beli buku KKPK bisa beli di Mizan Store.