7 Permainan Tradisional yang Mengasyikkan

Ayo, siapa yang suka main? Bukan main gadget , ya. Tapi main permainan tradisional Indonesia, negeri kita tercinta. Permainannya asyik-asyik, lho. Selain asyik, permainan tradisional juga bisa membuat sahabat sehat, pintar dan juga punya banyak teman. Udah pada tahu belum, permainannya apa aja? Yuk kita bahas 7 permainannya!

 

  1. Bola Bekel

Ini dia permainan bola bekel yang ngetren banget di tahun 2003, walaupun memang dari dulu sudah ada. Permainan ini terdiri dari bola bekel dan bekelnya. Cara bermainnya butuh keahlian untuk mengambil bekel sebelum bola terjatuh ke tangan kita, Sahabat. Nggak semua orang bisa bermain bekel saat pertama kali mencoba, lho. Kita butuh latihan ternyata, Sahabat. Tapi, kalau udah jago, sahabat bakal ketagihan main bersama sahabat yang lain. Siapa, ya, yang jadi pemenangnya?

 

  1. Congklak

Permainan selanjutnya adalah congklak. Mungkin sahabat KKPK ada yang udah pernah main, ya. Permainan ini menggunakan biji congklak dan papan congklak dengan 16 lubang. Permainan ini hanya bisa dimainkan oleh dua orang saja, Sahabat. Total keseluruhan biji congklak ada 98 buah, dan nantinya akan diisi ke 14 lubang papan congklak. Setelah melakukan suit, sahabat harus memindahkan biji congklak satu persatu ke arah kiri, dan seterusnya sampai ada pemenang. Permainan ini butuh strategi dan ide-ide cemerlang untuk menang. Gimana? Asyik, kan?

 

  1. Kelereng atau Gundu

Kelereng merupakan kaca bening yang berbentuk bulat dan biasanya dimainkan oleh anak laki-laki. Cara mainnya juga cukup mudah, yaitu dengan menyentil kelereng yang kita punya dengan target mengenai kelereng lawan. Kalau sahabat berhasil mengenai kelereng lawan, maka kelereng yang itu bakal jadi milik sahabat. Permainan ini bakal makin asyik kalau dimainkan ramai-ramai. Wiih.. makan banyak sahabat aja nih.

 

  1. Lompat Tali

Permainan selanjutnya adalah lompat tali. Tali untuk permainan ini terbuat dari karet gelang yang disambungkan, Sahabat. Biasanya, permainan ini diamainkan oleh 2 kelompok yang terdiri dari 3 orang; 2 orang mengayunkan tali dan seorang lagi melompat. Semakin naik levelnya, semakin susah juga permainannya, lho.

 

  1. Engklek

Permainan engklek ini bisa dilakukan oleh dua sampai lima orang, Sahabat. Setiap pemain akan melompati kotak-kotak, yang sudah digambar dengan kapur, secara bergiliran. Melompatnya harus dengan satu kaki,ya! Nah, kalau terjatuh maka pemain harus menandai kotak terakhir dengan menaruh batu. Permainan ini cukup menantang, ya. Harus tetap hati-hati juga, ya, Sahabat.

 

  1. Petak Umpet

Permainan petak umpet ini ternyata gak cuman di Indonesia, lho. Di Inggris, Spanyol dan Jerman juga ada. Keren kan? Nah, cara bermainnya yaitu dengan bersembunyi dari teman yang berperan jadi kucing. Setelah si kucing menutup mata dan menghitung sampai 10, semua orang harus bersembunyi, dan kalau tertangkap maka orang itu akan jadi kucing selanjutnya. Seru banget, ya!!

 

  1. Ular Naga Panjang

Permainan terakhir yaitu ular naga panjang. Cara bermainnya mudah, kok. Pertama, tentukan dua orang yang menjadi penjaganya, sisanya berjalan melewati penjaga. Saat berjalan sambil memegang punggung teman yang ada di depan, sahabat harus menyanyikan lagu ular naga. Lalu, saat lagu itu berhenti, penjaga akan menangkap satu anak, dan anak itu pun keluar dari permainan. Pemainan yang seru, ya!

Sahabat, ternyata permainan tradisional seru-seru, ya! Selain kita bisa asyik bermain bersama teman, kita juga bisa melestarikan budaya Indonesia. Merdeka!

4 Comments

  • Saskia nurul aini
    Posted September 14, 2018 9:50 am 0Likes

    Itu semua pernah aku mainkan. 😊😊
    #KKPKgiveaway10k

  • Kirana arabella
    Posted September 16, 2018 11:03 pm 0Likes

    Betul banget tuh!! Semua seru seru aku sama sahabat aku sering main permainan kayak yang diatas itu loh kak!! Tapi yang paling disukai adalah congklak sama bola bekel

  • Maria N.S
    Posted September 19, 2018 3:01 pm 0Likes

    Aku pernah mainin itu semua semenjak umur 6 th.Tapi sampai sekarang yg susah di mainin itu no 1.Klo no 3 sih mainnya main nasib😂

  • Rani
    Posted September 21, 2018 2:43 pm 0Likes

    Paling suka engklek, bola bekel dan lompat tali 😁

Leave a comment