Suasana 4 Musim Di Jepang

Yuhuuu… Sahabat KKPK udah baca buku Kecil Kecil Punya Karya yang judulnya Indahnya Langit Kanazawa Musim Dingin, kan? Kali ini kita mau ngobrolin tentang gimana sih, suasana di Jepang saat musim panas, gugur, dingin dan semi. Sahabat, pada penasaran kan? Mending langsung baca aja yuk!

  1. Musim Panas

Terlihat panas ya, Sahabat. Tapi eh tapi, ternyata musim panas di Jepang yang mulainya bulan Juni sampai Agustus ini dimulai dengan Tsuyu-ake (Hujan di awal musim panas). Uniknya, orang Jepang bakal tahu kalau musim panas tiba kalau ada nyamuk yang menggigit. Uh, gatel! Tapi, musim panas di Jepang sangat menyenangkan, Sahabat. Saat musim panas tiba akan ada liburan, panen buah-buahan dan perayaan festival musim panas. Selain itu, saat musim panas datang, matahari lebih cepat muncul dan lebih lama tenggelamnya. Ini artinya, siang menjadi lebih lama daripada malam, Sahabat. Bahkan kadang-kadang, matahari terbit pukul 4 dan terbenam pukul 7 malam. Lebih banyak waktu untuk bermain, ya? Asyiiiik!!

 

  1. Musim Gugur

Duh, musim gugur di Jepang memang indah! Daun-daun yang hijaupun berubah menjadi kuning atau orange kemerahan dan jatuh satu-persatu tertiup angin. Nah, rontoknya daun-daun dari pohon yang menandakan musim gugur tiba disebut momiji. Suhu di musim gugur ini mulai sejuk loh karena akan memasuki musim dingin. Sahabat KKPK ada yang tahu kapan musim gugur di Jepang tiba? Yak betul! Musim gugur tiba di akhir bulan Oktober atau di awal bulan November sampai Desember. Di musim ini ternyata banyak diadakan acara kebudayaan Jepang, loh. Sungguh luar biasa!

 

  1. Musim Dingin

Sahabat KKPK ada yang mau bermain dengan salju? Ih dingin sekali, Sahabat! Musim dingin yang tiba di bulan Desember sampai bulan Maret  ini, suhu menjadi sangat dingin di Jepang. Kalau kalian ke sana pada musim dingin, jangan lupa pakai baju yang tebal ya, Sahabat. Lalu, pada tanggal 31 Desember itu disebut sebagai omisoka dan ada kebiasaan memakan soba (mie di Jepang) saat pergantian tahun baru. Dari tahun baru hingga tiga hari sesudahnya disebut shogatsu. Di sini, orang-orang merayakan tahun baru dengan menikmati masakan khusus tahun baru yang disebut osechi ryori. Begitulah musim dingin di Jepang, Sahabat.

 

  1. Musim Semi

Sahabat KKPK pasti kenal banget nih sama bunga Sakura dari Jepang. Indah banget, kan? Sahabat KKPK bisa menikmati pemandangan bunga sakura yang bermekaran saat musim semi di akhir bulan Maret sampai awal bulan April. Nah, di musim gugur, orang-orang Jepang melakukan kegiatan ohanami atau kegiatan untuk menikmati pemandangan bunga sakura sambil menikmati kebersamaan bersama keluarga. Aduh so sweet banget, deh.

Suasana 4 musim di Jepang memang terasa berbeda, Sahabat. Tapi semua musim sangat menyenangkan. Allahu Akbar!

3 Comments

  • Saskia nurul aini
    Posted September 18, 2018 7:29 am 0Likes

    Aku paling suka musim semi.
    #KKPKgiveaway10k

  • Shifa
    Posted September 22, 2018 12:56 am 0Likes

    Uhhh. Jadi tambah semangat ngumoulin uang buat pergi ke Jepang. Thanks Infonya kaaa

  • Maria N.S
    Posted September 22, 2018 10:50 am 0Likes

    momiji ❤Jadi tau deh tentang suasana 4 musim Di Jepang! KEREN BANGET! Thank You rumahkkpk! Banyak banget artikel yg bermanfaat di sini! #KKPKGiveaway10k

Leave a comment