5 Tari Kesenian Daerah Yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Halo, sahabat KKPK! Ayo siapa yang suka nari? Khususnya tari kesenian daerah nih. Harus ada ya  karena melestarikan budaya kita sendiri itu penting lho, Sahabat. Nah, sahabat KKPK tahu gak sih tari daerah apa saja yang masih eksis sampai sekarang? Gak perlu bingung, kali ini kita mau bahas 5 tari kesenian daerah yang masih eksis sampai sekarang. Langsung kita lihat yuk ada tarian apa saja.

  1. Tari Topeng

Sahabat KKPK pasti tahu dong nama tarian daerah yang satu ini? Yap! Betul banget, tari topeng. Tarian yang berasal dari Cirebon, termasuk Indramayu dan Jatibarang ini adalah salah satu tari daerah yang masih eksis sampai sekarang, Sahabat. Tari topeng juga ada berbagai jenis, seperti Tari Topeng Panji, Tari Topeng Samba, Tari Topeng Rumyang, Tari Topeng Tumenggung, dan Tari Topeng Kelana. Kesenian Tari Topeng ini masih eksis dipelajari di sanggar-sanggar tari yang ada didaerah setempat, dan masih sering dipentaskan pada acara-acara resmi daerah, ataupun pada momen tradisional daerah lainnya lho, Sahabat!

  1. Tari Pendet

Ada yang tahu gak ini tari apa? Betul, Sahabat. Tari Pendet yang berasal dari Bali. Walaupun sudah tidak seheboh dulu, Tari Pendet nyatanya masih eksis sampai sekarang. Tari ini juga masih dilestarikan oleh sanggar-sanggar tari, dan dipentaskan di berbagai acara-acara besar di daerah setempat yang membuat tari Pendet ini tidak hilang dimakan zaman, Sahabat.

 

  1. Tari Saman

Tarian daerah yang masih eksis sampai sekarang juga ada Tari Saman nih, Sahabat. Sahabat KKPK tahu gak tarian ini berasal darimana? Ya, Tari Saman berasal dari Aceh. Tarian yang hanya dimainkan oleh kurang dari 10 orang ini ternyata masih eksis sampai sekarang, Sahabat. Tari Saman masih dimainkan diberbagai acara-acara besar daerah dan dipentaskan diberbagai pertunjukan seni tari.

  1. Tari Jaipong

Selanjutnya, tari daerah yang masih eksis sampai sekarang ada Tari Jaipong, Sahabat. Walaupun tarian khas adat Sunda ini pagelarannya tidak sebanyak dulu, tapi masih ada beberapa kontes tari Jaipong lho, Sahabat. Gak cuma itu, seiring dengan perkembangan zaman tari Jaipongan masih banyak ditampilkan di arena terbuka secara kolosal dan juga ditampilkan di Hotel berbintang atau dalam rangka penyambutan tamu-tamu asing dari berbagai belahan dunia.

  1. Tari Lilin

Tarian selanjutnya berasal dari daerah Sumatra Barat. Ayo ada yang tahu apa nama tarian ini? Benar, Sahabat. Tari Lilin termasuk salah satu tari daerah yang masih eksis sampai sekarang. Tarian ini masih sering dibawakan dalam acara-acara besar atau momen tradisional lainnya didaerah setempat.

 

Nah, itulah dia deretan tari kesenian daerah yang masih eksis sampai sekarang, Sahabat KKPK. Yuk mulai sekarang kita lestarikan tari-tari kesenian daerah supaya tarian-tarian tersebut masih tetap eksis bukan cuma sampai sekarang, tapi juga sampai nanti.

2 Comments

  • Saskia nurul aini
    Posted September 18, 2018 7:19 am 0Likes

    Semua tari daerahnya keren-keren, tapi aku paling suka tari saman karena tari saman itu berasal dari tempat tinggalku ACEH. 😊😊
    #KKPKgiveaway10k

  • Maria N.S
    Posted September 19, 2018 3:14 pm 0Likes

    Semua Tarian Tradisional Daerah Di Indonesia memang keren-keren.Tapi yang paling terkenal menurutku sih Tari Saman karena Tariannya yg disertai gerak gerik yg membuat sesuatu bentuk yg indah.Udh gitu Tari Saman pernah jadi opening ceremony Asian Games lagi!

Leave a comment