August 13, 2018 by [email protected] 2 Comments

5 Tari Kesenian Daerah Yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Halo, sahabat KKPK! Ayo siapa yang suka nari? Khususnya tari kesenian daerah nih. Harus ada ya  karena melestarikan budaya kita sendiri itu penting lho, Sahabat. Nah, sahabat KKPK tahu gak sih tari daerah apa saja yang masih eksis sampai sekarang? Gak perlu bingung, kali ini kita mau bahas 5 tari kesenian daerah yang masih eksis sampai sekarang. Langsung kita lihat yuk ada tarian apa saja.

  1. Tari Topeng

Sahabat KKPK pasti tahu dong nama tarian daerah yang satu ini? Yap! Betul banget, tari topeng. Tarian yang berasal dari Cirebon, termasuk Indramayu dan Jatibarang ini adalah salah satu tari daerah yang masih eksis sampai sekarang, Sahabat. Tari topeng juga ada berbagai jenis, seperti Tari Topeng Panji, Tari Topeng Samba, Tari Topeng Rumyang, Tari Topeng Tumenggung, dan Tari Topeng Kelana. Kesenian Tari Topeng ini masih eksis dipelajari di sanggar-sanggar tari yang ada didaerah setempat, dan masih sering dipentaskan pada acara-acara resmi daerah, ataupun pada momen tradisional daerah lainnya lho, Sahabat!

  1. Tari Pendet

Ada yang tahu gak ini tari apa? Betul, Sahabat. Tari Pendet yang berasal dari Bali. Walaupun sudah tidak seheboh dulu, Tari Pendet nyatanya masih eksis sampai sekarang. Tari ini juga masih dilestarikan oleh sanggar-sanggar tari, dan dipentaskan di berbagai acara-acara besar di daerah setempat yang membuat tari Pendet ini tidak hilang dimakan zaman, Sahabat.

 

  1. Tari Saman

Tarian daerah yang masih eksis sampai sekarang juga ada Tari Saman nih, Sahabat. Sahabat KKPK tahu gak tarian ini berasal darimana? Ya, Tari Saman berasal dari Aceh. Tarian yang hanya dimainkan oleh kurang dari 10 orang ini ternyata masih eksis sampai sekarang, Sahabat. Tari Saman masih dimainkan diberbagai acara-acara besar daerah dan dipentaskan diberbagai pertunjukan seni tari.

  1. Tari Jaipong

Selanjutnya, tari daerah yang masih eksis sampai sekarang ada Tari Jaipong, Sahabat. Walaupun tarian khas adat Sunda ini pagelarannya tidak sebanyak dulu, tapi masih ada beberapa kontes tari Jaipong lho, Sahabat. Gak cuma itu, seiring dengan perkembangan zaman tari Jaipongan masih banyak ditampilkan di arena terbuka secara kolosal dan juga ditampilkan di Hotel berbintang atau dalam rangka penyambutan tamu-tamu asing dari berbagai belahan dunia.

  1. Tari Lilin

Tarian selanjutnya berasal dari daerah Sumatra Barat. Ayo ada yang tahu apa nama tarian ini? Benar, Sahabat. Tari Lilin termasuk salah satu tari daerah yang masih eksis sampai sekarang. Tarian ini masih sering dibawakan dalam acara-acara besar atau momen tradisional lainnya didaerah setempat.

 

Nah, itulah dia deretan tari kesenian daerah yang masih eksis sampai sekarang, Sahabat KKPK. Yuk mulai sekarang kita lestarikan tari-tari kesenian daerah supaya tarian-tarian tersebut masih tetap eksis bukan cuma sampai sekarang, tapi juga sampai nanti.

August 13, 2018 by [email protected] 3 Comments

Review 4 buku KKPK Terbaru

Halo, sahabat KKPK! Aku punya berita bagus, lho. Sahabat sekarang ada bacaan buku kecil-kecil punya karya yang baru dari Dar! Mizan. Yeay! Udah pada tahu belum bukunya apa aja? Mau tahu aja atau mau tahu banget? Yuk langsung lihat aja review buku-buku KKPK yang baru!

  1. One Day in New School

Buku KKPK yang satu ini ditulis oleh Nida An Khafiyya Al Hadyie, Sahabat. Buku ini diterbitkan bulan Maret 2018 oleh Dar! Mizan, tentunya. Pada suatu hari, Hasna disuruh papa dan mamanya untuk pindah sekolah. Padahal, papa sudah janji sama Hasna kalau papa gak akan nyuruh Hasna pindah kalau nilai Hasna naik. Hal itu tuh berat banget buat Hasna, Sahabat. Hasna gak mau ninggalin sahabat-sahabat yang dia sayangi. Sampai akhirnya, Hasna mau menuruti perkataan papa dan mama buat pindah sekolah, dan pengalaman-pengalaman di sekolah baru pun dimulai. Selain buku One Day in New School punya cerita yang seru, buku ini juga punya banyak hal baik yang bisa diambil sama sahabat KKPK, mulai dari belajar sabar, persahabatan dan juga untuk selalu menuruti orang tua agar jadi anak yang soleh atau solehah. Sahabat KKPK juga bakal seneng banget sama buku ini karena ada gambar-gambar di beberapa halaman buku ini. Keren, ya!

 

  1. My Future Adventure

Buku KKPK terbaru selanjutnya adalah My Future Adventure yang ditulis oleh Ruth Karyoko. Buku ini diterbitkan bulan Juni 2018 oleh Dar! Mizan. Buku ini menceritakan tentang Meeta yang selalu dibully oleh teman-temannya. Suatu hari, Meeta jatuh ke dalam lubang hitam yang datang entah dari mana. Lalu, sampailah Meeta di masa depan yang memiliki teknologi sangat canggih. Dia pun bertemu dengan profesor hebat yang baik hati. Tapi…. ternyata ada profesor jahat yang mau menghancurkan dunia, Sahabat. Dari sanalah Meeta memulai petualangan hebat melawan penjahat itu. Bisa gak ya, Meeta kembali pulang ke rumahnya? Wah, bukunya bikin tegang dan penasaran, nih. Pokoknya, buku My Future Adventure keren banget, deh. Selain ceritanya seru, sahabat juga bisa banyak tahu tentang teknologi baru yang keren-keren. Widih, udah gak sabar nih pengin baca!

 

  1. Pesan Terakhir Nenek

Buku kecil-kecil punya karya dari Dar! Mizan ini ditulis oleh Ukasyah Ammar Robbani, Sahabat. Buku ini diterbitkan pada bulan Maret 2018. Nah, ceritanya diawali dengan kesedihan kakeknya Rayhan yang ditinggal nenek yang sudah meninggal. Rayhan dan seluruh keluarganya berencana untuk membuat kakek senang lagi dengan menikahkan kakek dengan nenek Sani. Ternyata nenek Sani sangat menyebalkan! Dia selalu saja menyuruh Rayhan untuk membereskan kasurnya sendiri, padahal ada mbak Fira yang bereskan. Tapi, setelah Rayhan berkemah di sekolahnya, hal yang buruk pun terjadi kepada nenek Sani. Rayhan pun sedih dan mendapatkan surat dari nenek Sani. Sahabat pasti ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi, kan? Huhuhu, buku ini ceritanya sedih, Sahabat! Sahabat KKPK pasti terharu membacanya.

 

  1. Kecil-Kecil Jago Jualan

Buku yang ditulis oleh Muhammad Nafis Ghifari ini diterbitkan bulan Mei 2018, Sahabat. Ceritanya banyak, lho! Gak cuman satu! Di buku ini ada 8 cerita yang seru-seru dan punya banyak pengajaran yang baik buat kita. Yang pertama, ada cerita “Aku Bisa!” yang nyeritain tentang Dennis. Dennis itu nilainya selalu jelek dan gak punya prestasi. Bisa gak, ya, Dennis berprestasi? Hmm… Yang kedua ada cerita “Ikhlas Dari Hati” yang menceritakan tentang membantu teman yang sedang dalam kesulitan. Lalu ada cerita “Perpus Mania” tentang Kiki yang suka banget ke perpustakaan. Selanjutnya ada cerita “Sekolah Sahabat Sungai” yang menceritakan tentang Wildan dan sekolahnya yang berjuang untuk menjaga kebersihan sungai. Di sungai banyak banget sampah karena orang-orang gak bertanggung jawab, nih! Huh! Setelah itu, ada cerita “Rezeki Dari Ilahi” yang nyeritain tentang hal baik yang terjadi sama Farhan setelah berpuasa sunah. Lalu ada cerita “Puasa? No Problem!” yang nyeritain tentang puasa di bulan Ramadhan. Terus, ada cerita “Faris Sang Penulis”, nih. Cerita ini tuh tentang Faris sipemalas yang berusaha berubah karena mau jadi penulis. Yang terakhir adalah cerita “Ide Kreatif Aldin”. Cerita ini nyeritain tentang Aldin yang berusaha buat nyari uang tambahan untuk jajan. Gimana, ya, caranya? Sahabat KKPK bakal senang banget bacanya. Cerita-ceritanya menarik dan membuat kita sadar untuk tidak bermalas-malasan. Keren.. keren!!

Itu dia buku-buku KKPK terbaru dari Dar! Mizan, Sahabat! Buat sahabat yang mau bukunya, bisa lihat di Mizanstore.com. Yuhuuuu… Emang terkeren buku KKPK!!

August 13, 2018 by [email protected] 1 Comment

Review 4 Buku Komik KKPK Terbaru

Sahabat KKPK pada suka baca komik, kan? Kalian pasti suka banget baca buku komik kecil-kecil punya karya dari Dar! Mizan. Sahabat udah pada baca komik terbaru dari buku kecil-kecil punya karya belum? Nih, aku kasih tahu 4 buku komik KKPK terbaru yang asyik banget. Penasaran? Mau tahu? Yuk kita baca aja reviewnya!

  1. Monster Insomnia

 

Monster Insomnia adalah buku komik KKPK dari Dar! Mizan yang ditulis sama Mayliana, Myiesha, Naira, Neisya dan Galuh. Komik ini diterbitkan pada bulan April 2018 nih, jadi sahabat udah bisa beli bukunya di Mizan Store dan toko buku lainnya. Komik ini tuh punya banyak cerita yang pastinya seru-seru. Cerita pertama yang judulnya “Don’t Give Up”, menceritakan tentang Kak Vire yang mau menyerah buat nulis buku, dan Clarrisma pun mencoba buat menghentikannya. Cerita kedua, “Misteri Lemari Warisan”, menceritakan soal lemari pemberian nenek yang sering terbuka sendiri. Ada apa ya dengan lemari nenek? Lalu, ada cerita “Monster Insomnia” yang bikin sahabat bakal bertanya-tanya, apa betul monster insomnia itu ada? Cerita selanjutnya adalah “My Family Is Wonderful” yang nyeritain keluarga Naira yang luar biasa menyenangkan dan saling membantu tanpa pamrih. Dan, yang terakhir adalah “Sahabat Selamanya” yang nyeritain tentang Kanaya dan Aisyah yang berjanji menjadi sahabat setelah beberapa kejadian yang tak terduga. Sahabat KKPK pasti dibikin penasaran deh kalau baca buku ini. Selain asyik, buku ini buat kita nebak-nebak apa yang akan terjadi dan gambar komiknya lucu-lucu, lho. Jangan sampai ketinggalan ceritanya ya, Sahabat!

 

  1. Cerita Rumah Tua

Komik Cerita Rumah tua ini ditulis sama Ahmad Aminuddin, Aika, Ahliva, Aurelia dan Maie Wening, Sahabat. Buku komik dari Dar! Mizan ini diterbitkan bulan Maret 2018. Di komik ini juga banyak cerita seru yang mengharukan, Sahabat. Diawali dengan cerita “Permata Kenangan”, tentang kepergian nenek Ryan yang mendadak dan membuat Ryan Sedih. Tapi, ternyata nenek Ryan menyiapkan kejutan yang misterius. Apa ya kejutannya? Selanjutnya, cerita “Ada Pertemuan Ada Perpisahan” yang nyeritain tentang sahabat yang terpisah. Lalu, ada “Cerita Rumah Tua” yang nyeritain tentang rumah tua yang ada disamping rumah Ima. Ada juga cerita “Hantu Boneka” yang menceritakan soal boneka misterius di pohon dekat kamar Lia yang berteriak minta tolong. Iih seram! Cerita yang terakhir judulnya “Maaf Jen”. Ceritanya itu tentang Natasya yang dicuekin sama Jen. Kira-kira kenapa ya? Pasti Natasya sedih ya, Sahabat. Nah, itu dia cerita-cerita komiknya, Sahabat! Cerita-ceritanya bakal bikin Sahabat merinding, sedih dan juga senyum-senyum seneng gitu, apalagi ditambah dengan gambar-gambar yang unik dan lucu. Duh Sahabat pasti bakal mau baca lagi dan lagi, deh.

 

  1. Cape, Deh!

Komik terbaru selanjutnya adalah Cape, Deh!. Buku yang ditulis sama Nashriyyah, Michelle, Najila, Keyza dan Ardelia ini diterbitkan bulan Maret 2018 oleh Dar! Mizan. Sahabat mau tahu apa aja isinya? Ceritanya tuh lucu-lucu, lho. Sahabat KKPK bakalan dibikin senyum kalau baca komik ini. Cerita pertama yang judulnya “Rumah Pohon” menceritakan tentang Nisa yang seneng banget punya rumah pohon. Cerita kedua, “Kisah Seru Via”, nyeritain tentang Via yang punya PR untuk buat cerita. Lalu, ada cerita “Ketika Lisa Pindah Rumah”. Cerita ini tuh tentang Lisa yang harus pindah rumah dan meninggalkan kotanya yang penuh dengan cerita dan teman-teman yang baik. Cerita selanjutnya adalah “Cape, deh!” yang nyeritain tentang Ataya yang harus menjaga adiknya. Yang terakhir adalah “Rahasia Stilton”. Kali ini ceritanya adalah tentang Mayhem dan May yang menemukan rahasia mengejutkan di keluarganya. Rahasia apa ya? Wah sahabat KKPK pasti udah gak sabar mau baca buku ini. Asyik banget cerita-ceritanya!

 

  1. Rumah Petualangan

(https://inc.mizanstore.com/aassets/img/com_cart/produk/komik-kkpk-rumah-petualangan.jpg)

 

Buku komik KKPK terbaru lainnya adalah Rumah Petualangan yang ditulis sama Arini, Naura, Fayanna, Ica dan Mutiara. Komik ini diterbitkan bulan April 2018 oleh Dar! Mizan. Apa aja ya ceritanya? Ini dia… Yang pertama adalah cerita yang berjudul “Ekspektasi Vs. Realita”. Bagian ini menceritakan tentang kegiatan liburan keluarga yang sudah direncanakan. Berhasil gak ya? Selanjutnya adalah cerita “Kamar Misterius 666”. Ceritanya tuh tentang Afifah yang baru pindah ke asrama. Di asrama itu, Afifah mengalami kejadian seram. Lalu ada “Misteri Kos Tua” yang menceritakan pertemuan Syeril dan Syevil dengan hantu di kosan tante mereka. Cerita lainnya adalah “Rahasia Masa Depan”. Cerita ini tentang Ronnie yang bisa melihat masa depan ketika memakai kacamata ajaib. Dan yang terakhir adalah “Rumah Petualangan”. Ini adalah cerita Kinan yang berpetualang ke negeri Eclass di langit. Kinan pun mendapatkan misi untuk menyelamatkan bumi. Apa yang akan terjadi kepada bumi, ya? Wih, keren-keran kan ceritanya? Di buku komik ini, sahabat bakal merinding dan penasaran baca ceritanya. Keren banget, deh, bukunya!

Gimana, sahabat? Jadi ingin cepet-cepet baca bukunya, kan? Sahabat KKPK bakalan suka banget deh baca buku-bukunya. Jangan sampai kehabisan, ya!

August 13, 2018 by [email protected] 3 Comments

Suasana 4 Musim Di Jepang

Yuhuuu… Sahabat KKPK udah baca buku Kecil Kecil Punya Karya yang judulnya Indahnya Langit Kanazawa Musim Dingin, kan? Kali ini kita mau ngobrolin tentang gimana sih, suasana di Jepang saat musim panas, gugur, dingin dan semi. Sahabat, pada penasaran kan? Mending langsung baca aja yuk!

  1. Musim Panas

Terlihat panas ya, Sahabat. Tapi eh tapi, ternyata musim panas di Jepang yang mulainya bulan Juni sampai Agustus ini dimulai dengan Tsuyu-ake (Hujan di awal musim panas). Uniknya, orang Jepang bakal tahu kalau musim panas tiba kalau ada nyamuk yang menggigit. Uh, gatel! Tapi, musim panas di Jepang sangat menyenangkan, Sahabat. Saat musim panas tiba akan ada liburan, panen buah-buahan dan perayaan festival musim panas. Selain itu, saat musim panas datang, matahari lebih cepat muncul dan lebih lama tenggelamnya. Ini artinya, siang menjadi lebih lama daripada malam, Sahabat. Bahkan kadang-kadang, matahari terbit pukul 4 dan terbenam pukul 7 malam. Lebih banyak waktu untuk bermain, ya? Asyiiiik!!

 

  1. Musim Gugur

Duh, musim gugur di Jepang memang indah! Daun-daun yang hijaupun berubah menjadi kuning atau orange kemerahan dan jatuh satu-persatu tertiup angin. Nah, rontoknya daun-daun dari pohon yang menandakan musim gugur tiba disebut momiji. Suhu di musim gugur ini mulai sejuk loh karena akan memasuki musim dingin. Sahabat KKPK ada yang tahu kapan musim gugur di Jepang tiba? Yak betul! Musim gugur tiba di akhir bulan Oktober atau di awal bulan November sampai Desember. Di musim ini ternyata banyak diadakan acara kebudayaan Jepang, loh. Sungguh luar biasa!

 

  1. Musim Dingin

Sahabat KKPK ada yang mau bermain dengan salju? Ih dingin sekali, Sahabat! Musim dingin yang tiba di bulan Desember sampai bulan Maret  ini, suhu menjadi sangat dingin di Jepang. Kalau kalian ke sana pada musim dingin, jangan lupa pakai baju yang tebal ya, Sahabat. Lalu, pada tanggal 31 Desember itu disebut sebagai omisoka dan ada kebiasaan memakan soba (mie di Jepang) saat pergantian tahun baru. Dari tahun baru hingga tiga hari sesudahnya disebut shogatsu. Di sini, orang-orang merayakan tahun baru dengan menikmati masakan khusus tahun baru yang disebut osechi ryori. Begitulah musim dingin di Jepang, Sahabat.

 

  1. Musim Semi

Sahabat KKPK pasti kenal banget nih sama bunga Sakura dari Jepang. Indah banget, kan? Sahabat KKPK bisa menikmati pemandangan bunga sakura yang bermekaran saat musim semi di akhir bulan Maret sampai awal bulan April. Nah, di musim gugur, orang-orang Jepang melakukan kegiatan ohanami atau kegiatan untuk menikmati pemandangan bunga sakura sambil menikmati kebersamaan bersama keluarga. Aduh so sweet banget, deh.

Suasana 4 musim di Jepang memang terasa berbeda, Sahabat. Tapi semua musim sangat menyenangkan. Allahu Akbar!

August 13, 2018 by [email protected] 1 Comment

7 Kegiatan Musim Dingin Di Jepang

Sahabat KKPK mau tahu gak, apa yang dilakukan orang Jepang di musim dingin? Kalau di Indonesia sih musim dinginnya itu musim hujan, jadi pada diem aja di rumah. Hahaha. Musim dingin di Jepang tuh indah dan rame banget, Sahabat. Nih, aku kasih tahu apa aja kegiatan musim dingin yang sering dilakukan orang Jepang.

  1. Bermain Salju

Musim dingin yang banyak saljunya membuat orang-orang Jepang ingin bermain, Sahabat. Orang-orang Jepang suka sekali bermain ski, snowboarding dan juga membuat boneka salju. Biasanya mereka bermain ski dan snowboarding di Hokkaido yang sangat dingin, loh. Jadi harus banget pakai baju tebal, celana tebal, sarung tangan, sepatu hangat, topi dan syal yang hangat. Walaupun tetap terasa dingin, bermain salju masih tetap mengasyikkan!

 

  1. Berendam Di Air Panas

Saat cuaca sedang dingin, paling enak kalau berendam dalam air panas! Sahabat KKPK tahu gak? Ternyata, orang-orang Jepang biasanya berendam di onsen atau pemandian air panas yang memiliki banyak khasiat kesehatan. Wah selain mau hangat, mereka juga mau sehat. Keren, kan?

 

  1. Makan Makanan Panas

Makaaan….!! Sahabat KKPK juga suka makan, kan? Aduh jadi laper nih lihat makanannya. Musim dingin memang harus ditemani makanan panas, Sahabat. Makanan atau minuman panas seperti sup, coklat, kopi dan teh bisa membantu menghangatkan tubuh yang kedinginan karena es atau salju di musim dingin.

 

  1. Namahage (Monster Yang Berkeliling)

Terlihat menyeramkan ya, sahabat KKPK! Tapi jangan takut, Sahabat. Monster-monster Namahage ini hanyalah kakak-kakak dari Jepang yang mau mengusir hantu jahat di semua rumah penduduk Jepang. Mereka akan berkata, “Apakah disini ada anak nakal?” sambil berkeliling ke rumah-rumah. Ini adalah tradisi di Jepang yang unik kan, Sahabat?

 

  1. Mengikuti Festival-Festival

Menuju akhir tahun, kota Tokyo berubah seperti menjadi kota di dongeng, loh. Saat malam hari, lampu-lampu menyala dengan indahnya. Sahabat KKPK juga bisa mengunjungi festival es, kuliner, dan festival menyenangkan lainnya. Jangan lupa membawa kamera ya, Sahabat!

 

  1. Berlayar Di Lautan Es

Di musim dingin, kapal ini mengarungi lautan bongkahan es dengan pemandangan pegunungan bersalju cantik, Sahabat. Selain pemandangan gunung es yang indah, sahabat bisa melihat binatang yang keren seperti burung elang laut Steller yang sedang beristirahat di atas bongkahan es. Menarik sekali, ya!

 

  1. Bersenang-Senang Di Taman Bermain

Wah, taman bermain di Jepang banyak sekali, Sahabat! Nah, taman bermain yang ternama di Jepang itu ada Disneyland, Disneysea dan Universal Studios Jepang (USJ). Walaupun cuacanya dingin, taman bermain masih banyak sekali yang mengunjungi. Selain menyenangkan untuk bermain, dekorasi taman bermain juga sangat indah, sehingga orang-orang ingin mengunjungi taman bermain. Jadi ingn juga ya!

August 13, 2018 by [email protected] 0 Comments

7 Kegiatan Musim Semi Di Jepang

Musim semi adalah musim dimana tanaman-tanaman tumbuh atau berbunga lagi setelah sekian lama di terpa salju, Sahabat KKPK.  Kebayang yah, indah banget liat daun-daun hijau tumbuh dan bunga-bunga cantik bermekaran. Nah, ini bisa jadi semangat nih buat jadi penulis Kecil-Kecil Punya Karya seperti kakak-kakak penulis buku Kecil-Kecil Punya Karya yang hebat. Sekarang kita lihat dulu deh kegiatan musim semi di Jepang apa aja.

  1. Makan-makan!

Saat musim semi tiba, akan banyak sekali makanan-makanan ala musim semi seperti sansei, atau sayuran segar yang langsung berasal dari pegunungan serta makanan lainnya. Untuk sahabat KKPK yang ingin liburan ke Jepang, jangan lupa untuk menanyakan apakah makanan itu halal atau tidak, ya.

  1. Mencari Kerang

Hal lainnya yang bisa sahabat KKPK lakukan ketika sedang liburan musim semi di Jepang adalah menggali atau mencari kerang. Ayo kita cari kerang-kerang yang imut! Biasanya para warga Jepang atau wisatawan pergi ke Pantai Odaiba Kaihin-koen yang berada di Tokyo. Wah, mereka juga mau mencari kerang yang banyak, terus dimasak deh. Nyam…

  1. Hanami (Melihat Bunga Sakura)

Sahabat KKPK tahu Hanami? Hanami itu kegiatan melihat bunga sakura khas Jepang. Saat bunga bermekaran, mereka akan duduk-duduk bersama keluarga untuk melihat bunga sakura sambil makan, minum dan mengobrol. Senangnya menghabiskan waktu bersama keluarga!

  1. Mengikuti Festival Musim Gugur

Sahabat KKPK tahu gak? Di Tokyo, ada festival yang dilaksanakan selama 3 hari selama musim gugur. Wih, lama banget, ya. Festival ini namaya adalah Sanja Matsuri. Walaupun festival ini lama, tapi gak pernah sepi pengunjung, loh. Malah, orang-orang berdesak-desakan untuk nonton festival keren satu ini. Pokoknya banyak aksi-aksi yang menarik seperti arak-arakan kuil, dan lain-lain.

  1. Pertandingan Sumo

Sahabat KKPK tahu sumo? Pernah nonton pertandingan sumo? Wah, terlihat seram ya, Sahabat. Buat sahabat KKPK yang suka nonton sumo, musim semi tuh saat yang tepat, nih. Saat musim semi, bakal banyak banget pertandingan sumo di berbagai tempat di Jepang. Keren, kan?

  1. Saatnya Koi Nobori!

Apa itu Koi Nobori? Koi Nobori adalah hari anak laki-laki di Jepang, Sahabat. Nah, di festival hari anak laki-laki ini,  sahabat bisa melihat hiasan Koi Nobori atau umbul-umbul ikan Koi dimana-mana. Menurut budaya Jepang, ikan koi adalah simbol keberanian dan ketangguhan karena kemampuannya berenang memanjat air terjun. Wah, hebat sekali ikan koi! Orang Jepang berharap kalau anak laki-laki mereka bakal tumbuh sehat dan kuat seperti ikan koi.

  1. Panen Buah Stroberi

Buah cantik yang enak ini ternyata jadi ciri khas musim semi di Jepang, Sahabat. Buah stroberi Jepang ini kualitasnya bagus, manis dan juga banyak macamnya. Wah, sahabat KKPK yang suka buah ini pasti seneng banget. Enak….

Itulah kegiatan musim semi di Jepang. Wah, sahabat KKPK jadi tahu banyak ya tentang kegiatan orang Jepang. Mengasyikkan ya!